Bulog Siapkan 100 Ton Beras untuk OP

id bulog mamuju, operasi pasar, fandi kurniawan

Stok beras Bulog Mamuju (FOTO ANTARA/Aco Ahmad)

Mamuju (ANTARA News) - Badan Urusan Logistik Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menyiapkan beras 100 ton untuk operasi pasar jika harga di pasaran tidak stabil atau mengalami lonjakan.

Kepala Seksi Pelayanan Data Publik Sub Divre Bulog Mamuju Fandi Kurniawan di Mamuju, Kamis, mengatakan, Bulog Mamuju telah bersiap mengantisipasi lonjakan harga beras di pasaran ketika terjadi pada saat menjelang Ramadhan dan saat memasuki Idul Fitri 1432 hijriah.

Ia mengatakan, Bulog Mamuju telah siap mengantisipasi lonjakan harga beras dipasaran didua Kabupaten yaitu Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Mamuju Utara dengan menggelar operasi pasar (OP).

"Bulog telah menyiapkan beras sekitar 100 ton beras digudang Bulog Mamuju, untuk digunakan OP ketika harga tidak stabil atau mengalami lonjakan khususnya saat menjelang bulan ramadhan dan pada saat memuski lebaran Idul Fitri 1432 hijriah, di pasaran baik di Kabupaten Mamuju maupun Mamuju Utara,"katanya.

Menurut dia, Bulog menyiapkan 100 ton cadangan beras itu agar masyarakat di Mamuju dan Mamuju Utara tidak kesulitan untuk mendapatkan beras sebagai kebutuhan pokok menghadapi dan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan memasuki Lebaran mendatang.

Namun, ia mengatakan Bulog Mamuju akan melaksanakan OP jika pemerintah di Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara juga telah menyatakan, bahwa harga dipasaran mengalami lonjakan dan tidak terkendali lagi yang memungkinkan harus dilakukan OP.

"Tergantung pemerintah di Mamuju dan Mamuju Utara kalau pemerintah di daerah itu telah menyatakan harus digelar OP, maka Bulog dengan cadangan berasnya akan siap melakukan OP dengan menjual kemasyarakat dipasaran dengan harga yang lebih terjangkau,"katanya.

Ia mengatakan untuk saat ini yakni dua minggu menjelang bulan suci ramadhan pemerintah di Mamuju dan Mamuju Utara menganggap masih belum perlu dilakukan OP sehingga bulog di Mamuju juga belum akan melaksanakan OP.

"Harga masih normal menurut hitungan pemerintah, sehingga bulog juga menganggap belum perlu dilakukan OP dipasaran Mamuju dan Mamuju Utara,"katanya.

Menurut dia, harga beras dipasaran kota Mamuju dan Mamuju Utara masih tetap terjangkau sekitar Rp170 ribu untuk 25 kilogram beras merek madina yang banyak dikomsumsi masyarakat di Mamuju dan Mamuju Utara.

"Tetapi kalau harga beras itu terus mengalami kenaikan mau tidak mau harus dilakukan OP,"katanya.
(T.KR-MFH/M008) 

Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar