Bio Farma Siap Suplai Vaksin Jamaah Haji

id vaksin jamaah haji, bio farma, aco aslam yusuf

Makassar (ANTARA News) - Perusahaan produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) siap menyuplai vaksin flu bio pada calon jamaah haji periode 2012.

"Ini sementara dalam penjajakan, namun kami sudah menyiapkan vaksin untuk para calon jamaah haji apabila disetujui pihak Kementerian Agama," kata Kepala Divisi Penujang Pemasaran PT Bio Farma (Persero) Aco Aslam Yusuf di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, produksi perusahaan yang berbasis di Jawa Barat tersebut sudah mulai digunakan di dalam negeri sejak prakemerdekaan, kemudian produksinya kini sudah dapat dirasakan di mancanegara.

Menurut dia, vaksin flu bio itu diberikan pada calon jemaah haji pada saat pemeriksaan kesehatan dan di karantina menjelang debarkasi di masing-masing wilayah pemberangkatan.

Selain rencana penyiapan vaksin flu bio untuk calon jamaah haji, lanjut dia, Bio Farma juga ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan akbar ke-13 "Developing Countries Vaccine Manufactures Network" (DCVMN) di Bali pada 31 Oktober - 2 November 2012.

Sementara untuk pemenuhan kebutuhan vaksin di Sulsel dan sekitarnya, Aco mengatakan, melalui dua jalur. Pertama jalur pemerintah dari Kementerian Kesehatan ke Dinas Kesehatan Provinsi dan selanjutnya ke Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

"Sedang jalur kedua melalui distributor. Di daerah ini terdapat enam distributor yang menyuplai vaksin ke klinik atau tempat praktek dokter dan apotik," katanya.

Khusus mengenai target perjualan perusahaan vaksin ini pada 2012 berdasarkan data Bio Farma diketahui, sebanyak 1,5 triiun, sedang pada periode 2011 kinerja perusahaan mencatat pendapatan laba bersih Rp30 miliar.   
(T.S036/E001) 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar