Bupati : BUMD Mamuju Belum Beri Kontribusi PAD

id suhardi duka, bumd mamuju, pad mamuju, sulbar

Suhardi Duka (FOTO ANTARA/Aco Ahmad)

Mamuju (ANTARA News) - Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, Suhardi Duka menyatakan, keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hingga kini belum memberikan kontribisi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Keberadaan BUMD masih mengecewakan. Saat ini saya sudah memasuki peroiode kedua menjadi bupati ternyata kehadiran BUMD yang diharapkan mampu menopang PAD hasilnya belum bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di daerah," kata Bupati Mamuju, Suhardi Duka di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, keberadaan BUMD yang tidak beres selama ini harus dilakukan evaluasi sehingga BUMD benar-benar mampu memberikan kontribusi bertambahnya PAD di daerah ini.

Saat ini kata dia, pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran untuk BUMD sebesar Rp250 juta.

"Saya masih memberikan kesempatan kepada teman-teman di DPRD untuk mengevaluasi kinerja BUMD. Jika dianggap dana alokasi sebesar Rp250 juta yang diplot melalui APBD tahun 2012 untuk BUMD harus dialihkan ke PDAM atau menjadi penyertaan modal di Bank Pembangunan Daerah (BPD) itu tidak apa-apa,"kata dia.

Bupati mengatakan, saat ini pemerintah kembali mempertaruhkan apakah alokasi dana senilai Rp250 juta tetap diberikan kepada BUMD atau tidak.

"Kalo saya masih fikti-fikti. Namun, saya memberikan kesempatan kepada DPRD untuk mempertimbangkannya sebab selama ini keberadaan BUMD belum memberikan kontribusi apa-apa,"katanya.

Ia mengatakan, kelemahan yang terjadi selama ini karena Direktur BUMD merasa bahwa dana itu merupakan pemberian dari pemerintah.

"Ini yang keliru atas persepsi BUMD selama ini yang tidak mengelola dengan baik anggaran yang diberikan selama ini. Mestinya, harus dipertanggungjawabkan karena dana itu berasal dari rakyat,"tutur Bupati.

Persoalan kedua kata Bupati, jajaran yang bekerja di BUMD tak profesional dalam mengelola anggaran serta pihak BUMD belum memiliki pengalaman yang cukup untuk mengembangkan usaha yang dikelolanya.
(T.KR-ACO/M019) 
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar