Jumlah Peserta MTQ Nasional Terus Bertambah

id mtq ke-xxiv, ambon maluku, burhan banjar

Ambon (ANTARA News) - Jumlah peserta dari 33 provinsi yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XXIV tingkat Nasional di Kota Ambon, 8 - 19 Juni 2012 terus bertambah.

Sekretaris Panitia Daerah MTQ tingkat Nasional, Burhan Banjar, di Ambon, Kamis, membenarkan jumlah peserta lomba tersebut terus bertambah dan saat ini telah mencapai 4.219 orang.

"Jumlah peserta akan terus bertambah karena karena beberapa daerah telah mengabarkan akan menambah jumlah kafilah yang akan berpartisipasi pada MTQ di Ambon," katanya.

Menurutnya, kebanyakan daerah menambah jumlah kafilah karena ketertarikan dengan hubungan kekerabatan serta persaudaraan antarwarga di Maluku yang terbingkai dalam pranata sosial peninggalan leluhur "Pela-Gandong".

"Kebanyakan peserta berminat datang ke Maluku selain untuk mengikuti MTQ yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga untuk mempelajari kultur budaya masyarakat daerah ini yang menjunjung tinggi persaudaraan dan kekeluargaan tanpa memandang perbedaan," katanya.

Burhan Bandjar mengungkapkan, beberapa provinsi yang akan menambah jumlah peserta termasuk DKI Jakarta yang sebelumnya hanya 300-an menjadi 400-an dan Jawa Timur dari 200-an menjadi 300-an.

Dia menegaskan, berbagai persiapan kegiatan bernuansa Islami itu tengah dimatangkan melalui koordinasi lintas instansi teknis di lingkup Pemprov Maluku maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

"Semua persiapan sedang dimatangkan dan dirampungkan, termasuk akomodasi dan transportasi peserta, mengingat waktu penyelenggaraan yang hanya tinggal sebulan," ujarnya.

Selain seluruh hotel dan penginapan yang ada di Kota Ambon, warga Kristen maupun Muslim telah menyiapkan rumahnya untuk menampung para peserta. Begitu pun koordinasi yang dilakukan panitia dengan PT. Pelni masih berlangsung untuk pengadaan salah satu kapal BUMN itu untuk dijadikan hotel terapung.

Banjar berharap dukungan dan doa semua pihak agar tidak terjadi hujan saat event tersebut berlangsung di Ambon, mengingat waktunya bersamaan dengan musim hujan.

Di Lapangan Merdeka, yang menjadi lokasi pembukaan MTQ oleh Presiden, telah disiapkan terpal penutup panggung utama.

"Tapi belum tentu dipasang, karena akan mengganggu keindahan fasilitas tersebut maupun warga yang berminat menonton," katanya.

Panitia juga siap memasang empat layar lebar berukuran 4 X 6 meter masing - masing dua di Lapangan Merdeka serta satu di Pattimura Park dan depan Polsek Sirimau guna mempermudah warga mengikuti acara pembukaan.

Disinggung persiapan fasilitas pendukung, Burhan menyatakan saat ini dalam tahapan rupa akhir (finishing) karena telah mencapai sekitar 95 persen.

"Diprakirakan pada 15 Mei 2012 Gedung Islamic Center dan Tribun Lapangan Merdeka telah rampung, sedangkan Masjid Raya Alfatah dijadwalkan 23 Mei, karena menunggu beberapa material bangunan yang didatangkan dari Surabaya," katanya.

MTQ ke-XXIV tingkat nasional melombakan enam cabang yakni Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran dan menulis kandungan Al Quran.

Cabang Tilawatil Quran dibagi enam golongan mata lomba, yakni Tartil Quran anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba.

Cabang Hifzil Quran terdiri dari lima jenis lomba, masing-masing satu juz dan Tilawah, lima juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. (T.KR-JA/J007) 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar