BRI Bantu Petani Kakao Sulbar Rp10 Miliar

id bank bri, petani kakao sulbar, anwar adnan saleh, gubernur sulbar

Mamuju (ANTARA News) - Bank BRI memberikan bantuan permodalan senilai Rp10 miliar kepada para petani kakao di Provinsi Sulawesi Barat.

"Total bantuan Bank BRI untuk permodalan petani kakao di Sulbar sekitar Rp10 miliar," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan permodalan itu diberikan untuk 300 kelompok petani kakao di Sulbar yang memiliki lahan sekitar 600 hektare.

"Bantuan permodalan itu diberikan bagi petani yang telah memiliki lahan kakao yang telah disertifikasi sebagai jaminan untuk perbankan, bantuan itu telah digunakan mengembangkan usaha pertanian petani,"katanya.

Gubernur mengatakan, pemerintah Sulbar akan terus membantu petani di Sulbar agar mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan permodalan dari perbankan dengan membantu melakukan sertifikasi lahan kakaonya di Badan Pertanahan Nasional.

Ia mengatakan, sertifikasi lahan kakao petani dilakukan untuk memudahkan petani mendapatkan bantuan modal usaha dari perbankan karena sertifikat lahan merupakan syarat bagi petani kakao untuk mendapat bantuan permodalan mengembangkan usaha pertanian kakaonya.

"Pemerintah Sulbar membantu melakukan sertifikasi lahan pertaniannya untuk mendapatkan bantuan modal dari perbankan karena hanya dengan cara itu petani akan mampu mengembangkan usaha pertanian kakaonya,"katanya.

Gubernur mengatakan, masih banyak petani kakao di Sulbar yang kesulitan mendapatkan permodalan dari perbankan untuk mengembangkan usaha pertanian kakaonya karena tidak memiliki sertifikat lahan sehingga pemerintah terus membantu petani agar diberikan kemudahan mendapatkan permodalan. (T.KR-MFH//N002) 

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar