Hanubun Bertekad Kembalikan Karakter Adat Masyarakat Kei

id taher hanubun, adat kei, calon bupati, maluku tenggara

Ambon (ANTARA News) - Salah satu bakal calon Bupati Maluku Tenggara, Taher Hanubun bertekad akan mengembalikan karakter adat masyarakat Kei yang selama ini sudah terkikis atau mengalami degradasi akibat berbagai faktor.

"Karakter adat masyarakat ini merupakan warisan leluhur yang sudah diletakkan sejak dahulu dalam falsafah Larvul Ngabal, namun dalam perkembangan belakangan ini hanya dipakai sebagai slogan belaka," kata Hanubun yang dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Falsafah Larvul Ngabal di kalangan masyarakat Kepulauan Kei selama ini tidak lagi diterapkan secara baik padahal merupakan hukum adat yang sudah berlaku turun temurun untuk mengatur kehidupan warga baik secara perdata maupun pidana, dan sanksinya dirasakan sangat efektif.

Taher Hanubun mengatakan, pembangunan non fisik berupa pengembalian karakter masyarakat secara adat ini sangat penting dan harus berimbang dengan pembangunan fisik berupa sarana infrastruktur dasar.

"Karakter masyarakat Kei secara adat harus dibangun kembali dan diperkuat agar menciptakan kehidupan warga yang harmonis dan damai," kata Hanubun.

Menurut dia, visi dan misi sebagai balon Bupati Malra periode 2013-2018 ini juga telah disampaikan saat dirinya bersama tim sukses mengembalikan berkas administrasi dan pendaftaran sebagai balon Bupati ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Maluku Tenggara.

"Kemungkinan kami merupakan orang pertama yang mengembalikan berkas administrasi ke DPC Gerindra sekaligus mendaftarkan diri secara resmi sebagai balon Bupati Malra," kata Hanubun yang dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Taher Hanubun yang juga wakil ketua komisi D DPRD Maluku ini bertekad untuk memajukan daerah asalnya dengan jalan mengikuti pemilihan kepala daerah sebagai balon Bupati di Kabupaten Malra yang dijadwalkan berlangsung 2013 mendatang.

Kedatangan Hanubun ke kantor DPC Gerindra ini diterima sekretaris panitia penjaringan balon bupati dan wabub, Basty Renjaan. (T.D008/Y008) 

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar