PBB Usul Tuasikal-Lewerissa Ikut Pilkada Maluku

id dpw pbb maluku, pilkada maluku, abdullah tuasikal, hendrik lewerissa

Ambon (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Maluku mengusulkan Abdullah Tuasikal - Hendrik Lewerisaa untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat 2013.

"Kami telah memutuskan Tuasikal sebagai bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Lewerissa ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB guna direkomendasikan," kata Ketua Tim Penjaringan Gubernur dan Wagub DPW PBB Maluku, Yunus Hehanussa, Selasa.

Pengusulan Tuasikal - Lewerissa melalui tahapan verifikasi berkas administrasi Balon Gubernur dan Wagub yang mengembalikan formulir pendaftaran pada 27 Juli 2012, selanjutnya konsolidasi internal dan pleno pada 15 September 2012.

Konsolidasi internal ini dilakukan bertujuan menjaring aspirasi dari kecamatan hingga ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di sembilan Kabupaten dan dua Kota di Maluku.

"Jadi pleno di DPW PBB Maluku yang memutuskan Balon Gubernur dan Wagub untuk diusulkan ke DPP guna mengeluarkan rekomendasi guna mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat 2013," ujarnya.

Yunus mengakui banyak Balon Gubernur dan Wagub yang mengambil formulir pendaftaran, namun hingga batas waktu pengembalian hanya masing - masing satu kandidat memenuhi tahapan tersebut.

Itu pun didaftar dalam bentuk paket Balon Gubernur dan Wagub Maluku atas nama Abdullah Tuasikal - Hendrik Lewerissa.

"Jadi Tuasikal - Lewerissa telah diusulkanke DPP PBB guna direkomendasikan menjadi Balon Gubernur dan Wagub periode 2013 - 2018," kata Yunus.

Dia memastikan Bakon Gubernur - Wagub yang direkomendasikan DPP PBB harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk memenuhi persyaratan kuota 15 persen dari 45 kursi di DPRD Maluku.

PBB hanya menempatkan satu dari 45 kursi di DRD sehingga harus berkoalisasi untuk memenuhi persyaratan minimal keterwakilan delapan Legislator.

Tuasikal adalah Bupati Maluku Tengah dua periode yang berakhir 13 Agustus 2012, sedangkan Lewerissa saat ini Ketua DPD Partai Gerindra Maluku.

Pilkada Maluku 2013 dilaksanakan karena Karel Albert Ralahalu mengakhiri masa jabatan Gubernur setempat periode kedua pada 15 September 2013. Karel periode ini ( 2008 - 2013) memiliki Wagub, Said Assagaff. Periode pertama ( 2003 - 2008) berpasangan dengan Mohammad Latuconsina.

Said Assagaff telah direkomendasikan DPW PPP Maluku sebagai calon Gubernur. Dia juga telah mendaftar di Partai Golkar, PDI Perjuangan, Hanura dan PKS. (T.L005/M019) 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar