Situasi Manokwari Papua Barat Terkendali

id situasi manokwari papua barat terkendali, rusuh, kapolda papu, paulus waterpauw

"Setibanya di Manokwari Pak Kapolda melihat langsung lokasi, para korban dan menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat, Bupati Manokwari, Gubernur Papua Barat dan pihak berkompeten," katanya.
Jayapura (ANTARA Sulsel) - Waka Polda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan situasi dan kondisi di Kabupaten Manokwari Papua Barat pascarusuh pada Minggu (29/12) malam secara umum, saat ini kondusif.

"Kemarin Pak Kapolda dan tiga pejabat utama yang kesana, dan beliau mengatakan lewat telepon seluler bahwa situasi di Manokwari sudah terkendali, kondusif," kata Paulus Waterpauw usai peluncuruan bukunya di salah satu hotel ternama di Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Ia mengatakan, Kapolda Papua dan para pejabat utama saat di Manokwari kemarin ingin mengetahui pokok permasalahan dan segera mencari solusinya dengan bertemu para tokoh adat, agama, dan pihak terkait lannya.

"Setibanya di Manokwari Pak Kapolda melihat langsung lokasi, para korban dan menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat, Bupati Manokwari, Gubernur Papua Barat dan pihak berkompeten," katanya.

Saat ini, lanjut mantan Kapolresta Jayapura itu, Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian telah berada di Jayapura. "Sementara para pejabat utama lainnya masih ada di Manokwari, guna memantau perkembangan dalam penyelesaian masalah tersebut," katanya.

Ketika disinggung soal aktor intelektual dibalik kerusuhan atau pertikaian antar dua kelompok di Pasar Tingkat Sanggeng Kabupaten Manokwari, Waka Polda Paulus Waterpauw mengatakan, "Soal itu saya belum punya data, sementara sedang dilakukan penyidikan dan penyelidikan. Dan ada dua orang yang meninggal karena peristiwa itu. Oleh karena itu, harapan kami warga masyarakat tidak terprovokasi, bisa menahan diri hingga kasus ini ditangani secara baik," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kerusuhan meletus di kawasan Pasar Tingkat Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Minggu malam. Kerusuhan diduga dipicu meninggalnya seorang warga setelah dianiaya sekelompok orang meminum minuman keras.

Informasi yang dihimpun Antara dari berbagai sumber menyebutkan, hingga Senin pagi beberapa lapak atau gerai di Pasar Tingkat Sanggeng, Manokwari terbakar dan sebuah hotel rusak akibat dari peristiwa itu. E.S. Syafei
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar