Bappeda Makassar Gandeng Usaid Rancang RPJMD

id bappeda makassar, usaid, rpjmd

"Kami sengaja menggandeng USAID dalam merancang RPJMD ini karena kita ingin merealisasikan semua program dengan mensinkronkan program wali kota dan wakil wali kota terpilih," ujar pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kota Makassar Burhanuddin di Makassar
Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggandeng USAID dalam merancang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan dijadikan acuan bagi arah pembangunan kota hingga 25 tahun ke depan.

"Kami sengaja menggandeng USAID dalam merancang RPJMD ini karena kita ingin merealisasikan semua program dengan mensinkronkan program wali kota dan wakil wali kota terpilih," ujar pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kota Makassar Burhanuddin di Makassar, Kamis.

Ia menyatakan, arah pembangunan Kota Makassar harus disinkronkan dengan visi dan misi yang diusung Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih 2014 - 2019 Mohammad Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal yang akan memimpin Makassar dalam lima tahun ke depan.

"Beberapa visi dan ide-ide yang telah dituangkan Dani Pomanto dan Syamsu Rizal hendaknya juga dijabarkan dalam draf RPJMD, sehingga jelas arah dan stakeholder yang akan terkait dengan visi misi tersebut," ungkapnya.

Sementara Kepala Bappeda Makassar Syahrir Sappaile mengungkapkan, waktu pengajuan RPJMD yang paling lambat harus dilakukan sebulan setelah pelantikan wali kota terpilih memaksa SKPD harus menyiapkan rencana strategi (Renstra) dalam waktu dua bulan ke depan.

Menurut dia, RPJMD merupakan rangkuman dari penjabaran renstra dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di lingkup Pemkot Makassar.

"Hingga saat ini belum ada SKPD yang menyetorkan renstra mereka ke Bappeda sehingga kita juga kesulitan menyusun RPJMD. Apalagi kita juga sudah merancang bahwa SKPD harus menpresentasikan Renstra mereka. Untuk itu, kami mengimbau agar satker segera menyelesaikan renstra tersebut agar dapat diajukan ke dewan dengan tepat waktu," kata Syahrir Sappaile.

Sunardi dari kinerja USAID yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut juga menekankan bahwa penyusunan RPJMD harus berpedoman pada RPJPD dengan menekankan sinkronisasi dengan aspek-aspek pembangunan yang telah dan sedang dilakukan.

Kepala Bappeda Syahrir Sappaile minta agar seluruh SKPD segera menyiapkan segera renstra, masing-masing SKPD mempresentasikan renstranya.

Beberapa program yang akan disinkronkan dalam RPJMD sesuai dengan visi misi wali kota terpilih, yakni program prioritas sampah ditukar dengan beras, program pembangunan lorong menuju kota dunia, program pendapatan asli daerah hingga Rp1 triliun serta program DP care yang tentunya akan diadopsi menjadi program daerah Makassar.  T Susilo
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar