Menpora Dijadwalkan Buka Pornas SOIna di Makassar

id menpora, pornas soina, gor sudiang, roy suryo

"Kehadiran pak menteri tentu akan membuat pelaksanaan lebih semarak dan bergengsi," katanya.
Makassar (ANTARA Sulsel) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dijadwalkan membuka Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Special Olympic Indonesia (SOIna) VII di GOR Sudiang Makassar, 21-27 Juni 2014.

Sekretaris Panitia Pornas, Jamal, di Makassar, Kamis, mengatakan pembukan Pornas SOIna dijadwalkan pada Minggu (22/6) pukul 14.00 WITA.

"Kehadiran pak menteri tentu akan membuat pelaksanaan lebih semarak dan bergengsi," katanya.

Untuk pelaksanaan Pornas SOIna yang baru pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa itu, panitia terus melengkapi sarana dan prasarana tujuh cabang olahraga yang akan dipertandingkan seperti atletik, bulu tangkis, sepak bola, basket, tenis meja, serta olahraga bocce.

Pertandinga enam cabang olahraga akan dipusatkan di Kawasan Olahraga (KOR) Sudiang. Adapun untuk cabang renang akan dilangsungkan di Kolam Renang Mattoanging Makassar.

"Pengpro cabang olahraga yang dipertandingkan yang kita tugaskan memfasilitasi. Untuk saat ini, ada beberapa yang masih perlu dipersiapkan seperti lapangan tenis meja. Kita sarankan untuk menyewa saja agar lebih murah," jelasnya.

Ketua Pengda SOIna Sulsel Adil Patu menyatakan sebanyak 130 atlet Sulsel akan diturunkan pada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Terkait peluang Sulsel pada pelaksanaan yang ketujuh kalinya ini, Pengda Sulsel mengaku cukup optimistis. Selain persiapan yang cukup matang, Sulsel juga akan diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah.

Meski demikian, Kontingen Sulsel juga tetap memberikan kewaspadaan terhadap beberapa tim yang sejauh ini cukup menyulitkan.

"Seluruh atlet sudah menjalani pelatda beberapa hari lalu. Kami tentu berharap dengan persiapan yang lebih maksimal akan semkin menjaga peluang Sulsel di Pornas Soina 2014," katanya.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel Hery Sumiharto menjelaskan bahwa Pornas Soina, merupakan wadah bagi penyandang cacat tuna grahita untuk berkompetisi dan mengukir prestasi. Pihaknya juga berharap kejuaraan ini dapat menghasikan para juara yang bisa mengharumkan nama Indonesia ke depan.

Sebagai tuan rumah Pornas SOIna yang merupakan penyelenggaraan ke tujuh tersebut, Sulsel berharap bisa meraih sukses ganda sebaga penyelengara dan tampil sebagai yang terbaik pada ajang empat tahunan tersebut.

"Pornas SOIna menjadi kewenangan Pengurus Pusat Soina. Dispora Sulsel sesuai petunjuk kemenpora tentu siap membantu sehingga penyelenggaraan Pornas Soina bisa berjalan sukses," ujarnya. Rolex Malaha
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar