Juara Pornas Soina Tampil di Kejuaraan Dunia

id pornas soina, kejuaraan dunia soina, los angeles

"Para juara di Pornas Soina Makassar akan mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di Amerika Serikat 2015. Kesempatan ini tentu akan semakin memotivasi seluruh atlet untuk membuktikan kualitasnya," kata Sekretaris Panitia Pornas Sulsel Jamal di Makassa
Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet yang menjadi juara Pekan Olahraga Nasional Special Olympic Indonesia VII di Makassar, 22-27 Juni 2014, akan memperkuat Indonesia di Kejuaraan Dunia Special Olimpic World Summer Games di Los Angeles 2015.

"Para juara di Pornas Soina Makassar akan mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di Amerika Serikat 2015. Kesempatan ini tentu akan semakin memotivasi seluruh atlet untuk membuktikan kualitasnya," kata Sekretaris Panitia Pornas Sulsel Jamal di Makassar, Sabtu.

Seluruh atlet dari 31 provinsi (minus Jateng-Banten) yang sudah menyatakan kesiapannya akan bersaing menjadi yang terbaik pada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan yakni atletik, renang, bulu tangkis, sepak bola, basket, tenis meja dan olahraga bocce.

Khusus olahraga terakhir yakni bocce, hanya diperuntukkan bagi penyandang cacat tunagrahita yang memiliki IQ dibawah 40 atau yang terendah di antara yang lain.

"Bisa menjadi wakil Indonesia di even internasional tentu akan menjadi kebanggaan yang luar biasa. Saya yakin kesempatan ini akan membuat seluruh atlet lebih termotivasi dan tentu saja kualitas kejuaraan juga semakin ketat," katanya.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel Hery Sumiharto, menjelaskan, selain memperbutkan tiket tampil di kejuaraan dunia, pelaksanaan Pornas Soina 2014 juga lebih istimewa. Sebab pelaksanaan di makassar merupakan pertama kalinya diluar Pulau Jawa.

Pada pelaksanaan 2010 di Jakarta Utara, diikuti sekira 1.500 atlet yang berasal dari 33 provinsi. Untuk pelaksanaan di Makassar, pihaknya juga berharap bisa diikuti lebih banyak peserta.

Untuk pelaksanaan Pornas Soina 2014, rencananya akan dipusatkan di Kawasan Olahraga (KOR) Sudiang Makassar. Adapun untuk cabang renang akan dilaksanakan di Kolam Renang Mattoanging Makassar.

Terkait pelaksanaan Pornas Soina, merupakan wadah bagi penyandang cacat tuna grahita untuk berkompetisi dan mengukir prestasi. Pihaknya juga berharap kejuaraan ini dapat menghasikan para juara yang bisa mengharumkan nama Indonesia kedepan.

Sebagai tuan rumah Pornas Soina yang merupakan penyelenggaraan ke tujuh tersebut, Sulsel berharap bisa meraih sukses ganda sebaga penyelengara dan tampil sebagai yang terbaik pada ajang empat tahunan tersebut.

"Pornas Soina memang menjadi kewenangan Pengurus Pusat Soina. Dispora Sulsel sesuai petunjuk kemenpora tentu siap membantu sehingga penyelenggaraan Pornas Soina bisa berjalan sukses," ujarnya. N Juliastuti
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar