770 Atlet Bersaing Di Pornas Soina Makassar

id pornas soina, makassar

"Kami mengapresiasi kesiapan seluruh kontingen mengikuti Pornas Soina di Makassar. Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih bagi para relawan dan pendamping yang begitu komitmen dalam menyukseskan kegiatan ini," katanya.
Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 770 atlet yang berasal dari 21 provinsi se-Indonesia saling bersaing untuk menjadi yang terbaik pada Pekan Olahraga Nasional Special Olympic Indonesia (Pornas SOIna) VII di Makassar, 22-27 Juni 2014.

Ketua Panitia Pornas Soina Sulsel Adil Patu, di Makassar, Minggu, mengatakan seluruh atlet tersebut didampingi 120 pelatih dan offisial.

Pelaksanaan Pornas Soina 2014 ini juga melibatkan 100 relawan dan 60 pendamping.

Seluruh atlet akan tampil di tujuh cabang olahraga yakni atletik, renang, bulu tangkis, sepak bola, basket, tenis meja dan olahraga bocce.

"Kami mengapresiasi kesiapan seluruh kontingen mengikuti Pornas Soina di Makassar. Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih bagi para relawan dan pendamping yang begitu komitmen dalam menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Untuk 21 kontingen yang menyempatkan hadir diantaranya berasal dari Lampung, Riau, Sumsel, Jambi, Sumbar, Kaltim, Kalsel, Kalteng, DKI Jakarta, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jatim, Bali, Nusa tenggara Barat (NTB).

Selain itu hadir pula Gorontalo, Sulut, Sulteng, dan Sulawesi Selatan yang pada pelaksanaan kali ini menurunkan dua tim yakni Sulsel A dan Sulsel B.

Dalam sambutannya, pihak panitia juga memberikan apresiasi terhadap PP Soina yang telah memberikan kepercayaan terhadap Sulsel atau Makassar untuk menjadi tuan rumah. Apalagi pelaksanaan Soina yang ke tujuh ini memang merupakan pelaksanaan pertama kalinya di luar Pulau Jawa.

Kepercayaan PP Soina memilih Sulsel, kata dia, juga menjadi bukti komitmen pengurus dalam memberikan kesempatan yang sama bagi setiap daerah dan bukan hanya untuk Pulau Jawa.

Pada pelaksanaan Pornas Soina di Makassar, menggunakan empat lokasi berbeda yakni di Asrama Sudiang, Lapangan Hasanuddin, Kolam Renang Mattoanging, serta Gedung Olahraga (GOR) Sudiang Makassar. Seluruh kontingen dipusatkan di Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Kami sekaligus mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dan Gubernur Sulsel yang telah berkomitmen menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang, yang mewakili Gubernur Syahrul Yasin Limpo, mengaku bangga dengan pelaksanaan Pornas Soina di daerahnya. Pemprov Sulsel juga sejak awal sudah berkomitmen untuk membantu secara maksimal.

Pornas Soina, merupakan wadah bagi penyandang cacat tuna grahita untuk berkompetisi dan mengukir prestasi. Pihaknya juga berharap kejuaraan ini dapat menghasikan para juara yang bisa mengharumkan nama Indonesia kedepan.

Sebagai tuan rumah Pornas Soina yang merupakan penyelenggaraan ke tujuh tersebut, Sulsel berharap bisa meraih sukses ganda sebaga penyelengara dan tampil sebagai yang terbaik pada ajang empat tahunan tersebut.

"Saya menyampaikan maaf dari Gubernur Sulsel karena tidak bisa hadir karena mengikuti agenda yang sama penting. Namun kami tentu bersyukur ternyata Sulsel merupakan tempat penyelenggaraan pertama di luar Jawa," ujarnya. Agus Setiawan
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar