Atlet Sulsel Berpeluang Tampil di Kejuaraan Dunia

id pornas soina, atlet sulsel, kejuaraan dunia, special summer games

"Pornas Soina merupakan ajang seleksi untuk tampil di kejuaraan dunia. Kita cukup optimistis karena atlet kita yang memperkuat Sulsel A memang berhasil merebut delapan medali emas sehingga berpeluang memperkuat Indonesia," katanya.
Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet tunagrahita Sulawesi Selatan berpeluang memperkuat tim Indonesia saat tampil di Kejuaraan Dunia Special Olimpic World Summer Games di Los Angeles 2015.

Sekretaris Pengda Soina Sulsel, Jamal di Makassar, Minggu, mengatakan, peluang untuk memperkuat timnas cukup terbuka setelah sejumlah atlet Sulsel berhasil menjadi juara, sekaligus merebut medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Special Olympic Indonesia (SOIna) VII di Makassar, 22-27 Juni 2014.

"Pornas Soina merupakan ajang seleksi untuk tampil di kejuaraan dunia. Kita cukup optimistis karena atlet kita yang memperkuat Sulsel A memang berhasil merebut delapan medali emas sehingga berpeluang memperkuat Indonesia," katanya.

Untuk menentukan siapa saja yang berhak mewakili Indonesia di ajang internasional, kata dia, masih akan dibahas bersama jajaran Pengurus Besar Soina di Jakarta. Atlet yang terpilih tentu merupakan atlet yang dinilai paling berpotensi mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Atlet yang terpilih akan memperkuat Indonesia pada sejumlah cabang olahraga yakni atletik, renang, bulu tangkis, sepak bola, basket, tenis meja dan olahraga bocce.

"Soal siapa atlet Sulsel yang terpilih, kami menyerahkan sepenuhnya ke PB Soina di Jakarta. Namun kami percaya bahwa atlet yang terpilih memang yang paling terbaik diantara yang baik pada Pornas Soina 2014," jelasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, sebelumnya telah menyampaikan harapan besarnya agar ajang ini bisa melahirkn banyak atlet potensial yang bisa mengharumkan nama bangsa.

Apalagi para juara disetiap cabang olahraga yang dipertandingkan, kata dia, memang akan terpilih mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Special Olimpic World Summer Games di Los Angeles 2015.

"Apakah Kalian bisa membawa Lagu Indonesia Raya berkumandang di Los Angeles. Sanggup kalian semua. Kami berharap bisa dilakukan," katanya.

Untuk bisa mewujudkan harapan itu, kata dia, tentu butuh perjuangan dan kerja keras. Dirinya berharap seluruh atlet yang tampil bisa bersaing lebih sehat agar siapapun yang terpilih memang atlet yang paling terbaik.

Mantan anggota DPR-RI itu sekaligus meminta kepada seluruh atlet agar bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini secara maksimal.

Dalam pelaksanaan Pornas Soina, menurut dia, ada tiga hal yang menjadi tujuan yakni untuk memberikan kesempatan bagi setiap warga termasuk tunagrahita dalam meningkatkan potensinya di bidang olahraga, sebagai ajang evaluasi kualitas atlet serta membangun wujud persatuan dan kesatuan diantara para peserta Pornas Soina. FC Kuen
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar