Sulbar: 57 Persen Penderita TB Paru Tertangani

id tbc, tuberculosis, dinkes sulbar

"Kampanye yang disampaikan melalui selebaran berupa stiker berupa ajakan agar masyarakat yang terkena gejala penyakit Tbc untuk segera melakukan pengobatan rutin secara medis," katanya.
Mamuju (ANTARA Sulbar) - Provinsi Sulawesi Barat berhasil menemukan sebanyak 57 persen penderita TB (Tubercle Bacillus) atau Tuberkulosis (TBC) paru positif di daerah itu telah tertangani dengan baik.

Kepala Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat Ahmad Azis di Mamuju, Senin, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan penanganan penderita TBC mencapai 73 persen di tahun 2013, namun yang mampu ditemukan dan ditangani mencapai 57 persen.

Ia mengatakan bahwa pemerintah setempat telah melakukan upaya penanggulangan penyebaran virus penyakit TBC yang saat ini telah banyak menyebar di masyarakat Sulbar ini.

Menurutnya, selain melakukan dialog dengan masyarakat juga dilakukan penyebaran stiker hingga ke pelosok desa yang ada di lima kabupaten.

"Kampanye yang disampaikan melalui selebaran berupa stiker berupa ajakan agar masyarakat yang terkena gejala penyakit Tbc untuk segera melakukan pengobatan rutin secara medis," katanya.

Apalagi, kata dia, selama ini masyarakat Sulbar masih cenderung melakukan pengobatan secara tradisional, khususnya masyarakat yang berada di kawasan terpencil.

Achmad mengemukakan bahwa jumlah penderita TBC di Sulbar berdasarkan hasil diagnosa yang dilakukan oleh tim medis telah ditemukan sekitar 2.200 penderita pada tahun 2012.

"Penyakit TBC perlu diwaspadai karena penyakit tersebut berawal dari kuman cepat menyebar kemana-mana, khususnya kepada siapa saja yang kondisinya tidak sehat,"katanya.

Ia menjelaskan, satu orang penderita TBC saja yang tak tertangani secara medis akan menimbulkan 10 orang penderita yang tertular dalam setahun.

"Kami bisa bayangkan jika jumlah penderita TBC di Sulbar sebanyak 2.200 tidak tertangani secara medis, maka jumlah penderita penyakit ini akan mencapai 22.000 penderita dari 1,2 juta penduduk Sulbar dalam setiap tahunnya," paparnya. Farochah
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar