PLN Maluku : Pasokan Listrik Jelang Natal Aman

id pln maluku, listrik, natal

"Kami berupaya menyiapkan pasokan listrik, mengantisispasi gangguan jaringan jelang hari raya agar seluruh masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru tanpa gangguan pemadaman," katanya di Ambon, Jumat.
Ambon (ANTARA Sulsel) - General Manager PT PLN Wilayah IX Maluku dan Maluku Utara M Iksan Asaad menyatakan pasokan listrik jelang natal dan tahun baru di Maluku aman.

"Kami berupaya menyiapkan pasokan listrik, mengantisispasi gangguan jaringan jelang hari raya agar seluruh masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru tanpa gangguan pemadaman," katanya di Ambon, Jumat.

Menurut dia, pihaknya juga akan menyiapkan penambahan mesin genset sebanyak tiga unit untuk menjamin pasokan listrik.

Tiga unit mesin genset akan ditempatkan di kantor PLN wilayah, jika terjadi gangguan di lokasi tertentu maka akan dilakukan pemasangan.

"Mesin genset yang disiapkan tidak dalam jumlah yang besar, tetapi dipastikan dapat membantu masyarakat jika diperlukan pemasangan di rumah ibadah maupun fasilitas umum lainnya," katanya.

Iksan menyatakan, pengadaan mesin akan dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP), jika terjadi kendala maka tim akan melakukan pemeriksaan jaringan serta sistem.

"Kami pastikan kondisi listrik di Maluku khususnya Kota Ambon aman jelang hari raya, karena selain menyiapkan mesin genset juga didukung petugas yang akan langsung mendatangi lokasi jika terjadi gangguan," ujarnya.  

Dijelaskannya, saat ini beban puncak listrik di Ambon mencapai 55 mega watt (mw) dan daya mampu pasokan listrik mencapai 55 mw.

"Beban puncak di Ambon mengalami kenaikan 5 mw sehingga saat ini mencapai 55 mw. Kenaikan ini tidak mempengaruhi karena cadangan listrik mencapai 5-6 mw," kata Iksan.

Ia mengakui, pihaknya berupaya mempersiapkan pasokan listik, tetapi tidak menutup kemungkinan gangguan cuaca dan perbaikan jaringan.

"Kami berupaya memberikan yang terbaik tetapi kami juga tidak bisa menjamin sepenuhnya, karena masih ada gangguan alam yang sewaktu-waktu dapat menggangu. Prinsipnya untuk sistem siap," ujarnya.

Iksan menambahkan, perbaikan jaringan tidak akan dilakukan mulai H-4 hari natal, yakni 21 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015.

"Perbaikan jaringan akan menyebabkan pemadaman listrik, tetapi mulai 21 Desember 2014  - 2 Januari 2015 tidak akan dilakukan perbaikan, jika terjadi pemadaman semata-mata dikarenakan gangguan alam," katanya. E.K. Sinoel
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar