Pemkab Sleman belajari strategi penanggulangan kemiskinan di Bantaeng

id bantaeng, sleman, tkpkd

"Kami datang langsung untuk mempelajari strategi penanggulangan kemiskinan tersebut...
Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tertarik dengan cara penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Kabupaten Bantaeng.

"Kami datang langsung untuk mempelajari strategi penanggulangan kemiskinan tersebut," kata Wakil Bupati Sleman, Hj Yuni Setia Rahayu, S.S, M.Hum, ketika diterima Bupati Bantaeng di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Senin.

Yuni Setia Rahayu yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Sleman memimpin langsung rombongan studi orientasi ke Bantaeng.

Ia disertai beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) antara lain Kepala Badan KB, Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sleman dr. Nurulhayah, M.Kes.

Selain itu, hadir pula Kepala Bappeda Kabupaten Sleman Drg Intriati Yudatiningsih, M.Kes, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman Drs Untoro Budiharjo, MM serta 2 orang TKPKD Kabupaten Sleman.

Menurut Wakil Bupati Sleman, Kabupaten Bantaeng sangat cocok dan sesuai yang diharapkan.

Pihaknya ingin belajar banyak hal mengenai inovasi yang telah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Bantaeng sehingga bisa menambah semangat dan pengetahuan di Sleman.

"Sebenarnya kami mengenal kawan-kawan TKPKD Bantaeng sejak dua tahun lalu, saat itu kabupaten/kota yang mendapat dukungan dari ACCESS melakukan studi komparasi di Kabupaten Sleman mengenai Sistem Informasi Manajemen untuk Warga miskin, dari sana kami banyak mendapat pelajaran dari Kabupaten Bantaeng sehingga beberapa kali kami melakukan kunjungan ke kabupaten lainnya, kami sangat ingin belajar ke Kabupaten Bantaeng dalam rangka melakukan upaya-upaya mengurangi kemiskinan di Kabupaten Sleman," tandasnya.

Satker TKPKD Kabupaten Bantaeng, Andi Shernylia Maladevi, S.Si menjelaskan, Kabupaten Bantaeng merupakan satu-satunya daerah yang memiliki Satker TKPKD.

Satker ini dibentuk melalui Keputusan Bupati Bantaeng. Hal ini menjadi bagian dari Kabupaten Bantaeng yang selalu memunculkan inovasi terbaru.

"Salah satu program dari TKPKD itu sendiri adalah menyusun Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah. Dokumen ini baru tersedia di 2 Kabupaten di Sulsel termasuk Kabupaten Bantaeng," tambah Andi Shernylia Maladevi yang juga mewakili NGO.

Sementara itu Bupati Bantaeng, HM Nurdin Abdullah menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh rombongan Pemkab Sleman. "Kami sungguh berbahagia mendapat kunjungan Wakil Bupati Sleman, dimana daerah kami ini merupakan daerah cukup kecil yang jauh dari metropolitan," ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel tersebut diperkenalkan pula sistem layanan kemanusiaan yang dikoordinasi oleh Brigade Siaga Bencana (BSB) Kabupaten Bantaeng.

Lembaga ini terintegrasi beberapa instansi antara lain Dinas Kesehatan, Bapedalda dan Dinsosnakertrans Kabupaten Bantaeng.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar