Petani Mamuju gagal panen akibat kemarau

id gagal panen padi, kemarau, tapalang mamuju

Ilustrasi sawah yang mengering karena kemarau (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

"Programkan bantuan pompanisasi untuk ratusan hektare tanaman padi petani di Tapalang...
Mamuju (ANTARA Sulbar) - Petani padi di Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat mengalami gagal panen akibat musim kemarau yang terjadi sejak Juni 2015.

Akbar, seorang petani Desa Tampalang di Mamuju, Selasa, mengatakan ratusan hektare tanaman padi di berbagai Desa Tapalang mengalami gagal panen akibat musim kemarau yang melanda sejak hampir tiga bulan terakhir.

Ia mengatakan para petani merugi sebab modal mereka cukup besar untuk tanaman padi.

Menurut dia, hasil panen padi petani yang biasanya menjanjikan untuk peningkatan kesejahteraannya sudah tidak bisa lagi diharapkan karena gagal panen.

Ia mengatakan para petani tidak menerima bantuan pompa air dari pemerintah kendati pemerintah pusat banyak membantu pompa untuk para petani di berbagai daerah.

Oleh karena itu, ia berharap ke depannya pemerintah dapat menyusun program perencanaan pembangunan dengan menyentuh kebutuhan petani Tapalang agar tidak rugi akibat kekeringan yang melanda setiap tahun.

"Programkan bantuan pompanisasi untuk ratusan hektare tanaman padi petani di Tapalang agar petani tidak rugi dan ekonomi daerah juga tidak turun akibat gagal panen padi petani," kata Usman, petani lainnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar