KPU Mamuju Utara nyatakan pasangan Handal pemenang pilkada

id pilkada mamuju utara, agus ambo djiwa, pasangan handal

"Baru saja kami merampungkan semua rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten...
Matra, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat, menyatakan pasangan calon nomor urut dua, Agus Ambo Djiwa dan Muhammad Saal (Handal), resmi memenangkan pertarungan politik dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.

"Baru saja kami merampungkan semua rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten. Hasilnya, calon petahana ini meraup dukungan mayoritas dari dua pesaingnya," kata Ketua KPUD Matra, Ishak Ibrahim di Matra, Minggu.

Dalam rekap tersebut, paslon Handal berhasil menyapu bersih di 11 kecamatan dari 12 kecamatan, sehingga calon petahana ini memperoleh suara sebanyak 46.185 atau 58,77 persen.

Sementara itu, paslon Abdullah Rasyid dan Marigun Rasyid (Amar) meraih suara sebanyak 32.038 atau 40,77 persen, dan paslon Yusri M Nur dan Amran Nuhung (Yusran) meraih suara sebanyak 367 atau 0,47 persen.

Dengan rampungnya proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten, seiring dengan selesainya proses pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 1 Desa Ompi Kecamatan Bulutaba, dimana dari hasil PSU tersebut paslon Handal pun kembali meraih suara sebanyak 148, paslon Amar sebanyak 8 suara, dan paslon Yusran tidak mendapat suara sama sekali. Untuk kecamatan Bulutaba Handal juga meraih suara 3915, Amar meraup dukungan 1.391 suara dan pasangan Yusran hanya meraih 14 suara.

"Semua rekap suara tingkat kecamatan telah kami rampungkan, dan sekarang tinggal melangkah ketahap selanjutnya. Peluang gugatan ke MK saya pikir tidak ada karena selisih suara cukup jauh, karena dalam UU itu disyaratkan selisih suara itu maksimal dua persen," terang Ishak Ibrahim.

Sementara itu dalam kesempatan sebelumnya, calon bupati (cabup) Agus Ambo Djiwa menyampaikan rasa syukurnya atas raihan suaranya tersebut.

Ia menyebutkan, kemenangan yang diraihnya bersama Muhammad Saal ini pada hakikatnya adalah kemenangan rakyat Matra secara umum.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar- besarnya kepada semua masyarakat, terkhusus pada tim pemenangan saya yang telah bekerja keras untuk memenangkan kami, saya imbau pascapilkada mari semua kembali menjalin persatuan dan kesatuan, serta tetap menjaga kestabilan keamanan di Matra," pinta Agus.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar