OJK Sulampua sosialiasasikan perlindungan konsumen

Pewarta : id ojk, sulampua, perlindungan konsumen

Bambang Kiswono (FOTO/OJK)

Makassar (ANTARA Sulsel) - Otoritas Jasa Keuangan Wilayah Sulampua, Sulawesi Selatan, menggelar sosialisasi terkait peraturan edukasi dan perlindungan konsumen sebagai upaya menghindari penipuan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kepala OJK Sulampua Bambang Kiswono di Makassar, Selasa, mengakui mendapatkan banyak pengaduan dari masyarakat yang merasa dirugikan namun tidak mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan jika mengalami hal demikian.

"Melihat perkembangan lembaga jasa keuangan yang semakin menggeliat sekarang ini, memang penting menjelaskan apa saja yang harus dilakukan jika mengalami kerugian," jelasnya.

Sosialisasi yang mengangkat tema "Pelaksanaan Edukasi Keuangan dan Pelayanan Pengaduan oleh Pelaku Jasa Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Keuangan Masyarakat" itu dihadiri Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Agus Sugiarto.

Selan itu hadir pula Deputi Direktur Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen Tri Herdianto, Kepala OJK Regional VI Sulampua Bambang Kiswono dan Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank/ INKB OJK Regional VI Sulampua Bondan Kusuma.

Pesertanya berasal dari pelaku industri keuangan bank maupun non-bank dan asosiasi, akademisi, termasuk para wartawan.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank/ INKB OJK Regional VI Sulampua Bondan Kusuma, mengatakan pihaknya selama ini telah melakukan sosialisasi seperti ke sekolah-sekolah dengan nama "OJK Mengajar/Appilajara` Siagang OJK Yuk (ASOY)".

Untuk kegiatan ini, kata dia, bertujuan memberikan pemahaman kepada para siswa mulai dari SD hingga SMA terkait jasa keuangan, sekaligus memperkenalkan tugas dan fungsi OJK.

Kegiatan dilaksanakan dengan pemaparan materi di dalam kelas serta pemberian buku edukasi keuangan untuk perpusatakaan di sekolah masing-masing.

Selanjutnya melaksanakan edukasi bagi karawan dan kalangan media. Kegiatan edukasi keunganan diberikan bagi karyawan ditambahkan pula materi terkait pengelolaan keuangan dan waspada investasi seperti halnya yang dilakukan terhadap karyawan PT Pelindo IV Makassar.

Begitupun dengan kegiatan "Car Free Day" bersama simolek dan LJK. Kegiatan dilakanakan sekali dalam sebulan di Pantai Losari dengan mengikutsertakan minimal 2 LJK.

"Termasuk melakukan talk show ke media elektronik seperti TV dan radio serta bedah kasus engaduan konsumen agar lebih dekat dengan persoalan yang dihadapi," katanya.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar