Korcab VI Jalasenastri adakan pemeriksaan deteksi kanker

id servikx, kanker rahim, jalasenastri, armatim

"Pemeriksaan Pap Smear ini kita adakan untuk mendeteksi secara dini tentang kanker serviks...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Cabang VI Jalasenastri Armatim di Makassar mengadakan pemeriksaan kesehatan "Pap Smear" atau deteksi dini penyakit kanker leher rahim (serviks) yang banyak menyerang para ibu rumah tangga.

"Pemeriksaan Pap Smear ini kita adakan untuk mendeteksi secara dini tentang kanker serviks ini dan jika ada, pasti akan segera ditindaklanjuti," ujar Korcab VI Jalasenastri Armatim Endang Yusup di Makassar, Kamis.

Diketahui, pemeriksaan Pap Smear adalah metode screening ginekologi, merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) menggunakan alat yang dinamakan speculum, dan bisa dilakukan oleh dokter kandungan.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab kanker leher rahim, sejak dini. Pemeriksaan ini lebih diutamakan pada perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Bahkan Perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual selama tiga tahun dari kontak seksual pertama kali wajib melakukan pap smear dan pemeriksaan yang lebih akurat dengan metode lain untuk mendeteksi kanker yaitu dengan pemeriksaan Thin Prep.

"Jadi memang pemeriksaan Pap Smear ini kita khususkan bagi anggota saja dulu, para Kowal dan PNS Wanita Lantamal VI," kata istri dari Laksamana Pertama TNI Yusup itu.

Pelaksanaan pap smear dilaksanakan selama dua hari melibatkan dokter dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI, Rumah Sakit TNI AL Jala Ammari dan Prodia Makassar.

"Pap smear adalah tes spesifik yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim karena kaum perempuan sangat rentan terhadap penyakit ini," jelasnya.

Pada pemeriksaan itu, lanjut dia, Pengurus Cabang VI Jalasenastri bertekad ikut serta mewujudkan kesejahteraan dan kebersamaan untuk keluarga besar prajurit Lantamal VI.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar