Taruna AL delapan negara akan ke Makassar

id taruna angkatan laut, asean cadet sail, kri dewaruci, lantamal vi

Taruna AL delapan negara akan ke Makassar

Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama Yusup (FOTO/Dokumentasi)

"Jadi ada program dari delapan negara itu di mana semua taruna Angkatan Lautnya yang tergabung di ACS...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Kadet atau Taruna Angkatan Laut dari berbagai negara ASEAN yang tergabung dalam `ASEAN Cadet Sail 2016 (ACS)` akan berlayar bersama dengan kapal latih legendaris TNI AL KRI Dewaruci dan singgah di Kota Makassar.

"Jadi ada program dari delapan negara itu di mana semua taruna Angkatan Lautnya yang tergabung di ACS akan berlayar menggunakan kapal KRI Dewaruci dan pastinya singgah di Makassar," kata Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama Yusup di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, para kadet taruna AL delapan negara ini memang ada latihan dan berlayar bersama menggunakan KRI Dewaruci dan rencananya, pada 20-23 September 2016 akan singgah di Makassar.

Rombongan `ACS 2016` sendiri diagendakan melakukan berbagai kegiatan selama di Makassar antara lain kunjungan kehormatan ke Danlantamal VI, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Pangkoops AU II, Kapolda Sulsel dan Wali Kota Makassar.

Selain itu, KRI Dewaruci akan menggelar "Open Ship" yaitu memberi kesempatan kepada masyarakat Kota Makassar berkunjung ke KRI Dewaruci yang sandar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

Bukan cuma itu, dalam open ship, para taruna dari delapan negara ini akan berada di atas kapal dan diperbolehkan untuk berinteraksi langsung dengan para pengunjung kapal.

"Open ship itu akan dibuka secara umum. Warga yang ingin menyaksikan dan merasakan langsung berada di atas kapal perang legendaris Indonesia bisa datang pada tanggal yang ditentukan," katanya.

Adapun beberapa agenda para taruna selama di Kota Makassar ini, yaitu akan mengunjungi tempat - tempat wisata sebagai bentuk promosi wisata kepada taruna dari negara lain tersebut.

Peserta taruna (cadet) ASEAN yang akan datang ke Makassar terdiri dari delegasi Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Filipina serta Taruna AAL Indonesia.

Hadir dalam rapat staf tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman M.Tr (Han), para Asisten dan Kadis Lantamal VI serta panitia penerimaan ASEAN Cadet Sail 2016.

ASEAN Cadet Sail merupakan program pertama yang digagas oleh TNI Angkatan Laut di ASEAN bertujuan menjalin persahabatan antara taruna negara-negara di ASEAN.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar