Siswa Akademi AL ASEAN kunjungi Sulsel

id akademi angkatan laut, asean cadet sail 2016, wagub sulsel

"Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan kerja sama generasi muda di ASEAN, khususnya di bidang kebudayaan...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Sejumlah siswa Akademi Angkatan Laut dari delapan negara di ASEAN mengunjungi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangkaian kegiatan ASEAN Cadet Sail 2016 yang berlangsung 10 September hingga 6 Oktober mendatang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan kerja sama generasi muda di ASEAN, khususnya di bidang kebudayaan," kata Kepala Departemen Ilmu dan Teknologi Akmal Indonesia Kolonel Laut Isworo usai bertemu dengan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang di Makassar, Selasa.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan para Kepala Staf Angkatan Laut di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh empat cadet dan satu perwira pendamping dari masing-masing negara peserta, yaitu Indonesia Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Myanmar.

Dalam kegiatan ini, ditanamkan rasa kebersamaan dari segi budaya, dan sebagai duta wisata, dengan mengunjungi berbagai suku dan destinasi wisata di Bali, Lombok, Makassar, Balikpapan, dan Semarang.

Rencananya para taruna ini akan menetap di Makassar selama 3 hari, mulai 20 september hingga 23 oktober mendatang, yang dimanfaatkan untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata seperti Bantimurung, gua prasejarah Leang-leang, dan Benteng Fort Rotterdam.

"Yang terpenting adalah menanamkan kebersamaan ASEAN pada generasi muda, karena kelak mereka yang akan menjadi perwira-perwira pemimpin," katanya.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang berharap para taruna ini mampu menumbuhkan persahabatan sejak dini di antara kekuatan militer negara-negara ASEAN.

"Terutama dalam hal kerja sama menjaga keamanan laut perbatasan," pungkas Agus.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar