UNM motivasi mahasiswa KKN internasional melalui workshop

id unm, kkn internasional

Kepala UPT KKN Unhas Dr Hasrullah membawakan materi pada Workshop KKN-PPL Internasional dan Workshop International Class Program di Menara Pinisi UNM, Makassar, Rabu (28/12). (FOTO/Dokumentasi)

"KKN Internasional merupakan pintu bagi mahasiswa untuk dapat melihat perkembangan di luar negeri,"katanya.
Makassar (ANTARA Sulsel) - Universitas Negeri Makassar (UNM) meransang motivasi para mahasiswa KKN Internasional melalui workshop untuk lebih memaksimalkan kesempatan itu dalam membangun bangsa kedepan.

Rektor UNM, Prof Husain Syam di Makassar, Rabu, menyatakan pihaknya melalui Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) menghadirkan Kepala UPT KKN Universitas Hasanuddin Dr Hasrullah untuk membawakan materi mengenai "Dari Kampus Menuju Dunia: KKN Internasional Membangun Bangsa " pada Workshop KKN-PPL Internasional dan Workshop International Class Program.

"KKN Internasional merupakan pintu bagi mahasiswa untuk dapat melihat perkembangan di luar negeri,"katanya.

Ia menjelaskan, perkembangan KKN-PPL Terpadu yang selama ini berjalan belum sesuai dengan konsep yang diinginkan,"katanya.

Program KKN-PPL, kata dia, merupakan mata kuliah yang memadukan antara kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) sehingga mendapat dua nili dalam satu waktu.

"KKN-PPL ini adalah salah satu mata kuliah dimana mahasiswa mendapat dua nilai dalam satu waktu. Jadi, memotong waktu studi tanpa mengabaikan mutu atas capaian yang ingin diraih," jelasnya.

Ia juga menjelaskan mengenai biaya ketika mahasiswa mengambil program KKN. Sebab ini merupakan mata kuliah sehingga biaya tetap pungutan dari mahasiswa.

Sementara itu, Hasrullah sebagai pemateri menyatakan melalui KKN Internasional mahasiswa bisa belajar bersama sekaligus menjadi penghubung antara mahasiswa Indonesia dengan masyarakat internasional.

"Adapun kunci keberhasilan KKN bergantung pada program yang berkualitas. KKN menjadi penghubung antara mahasiswa Indonesia dengan masyakarat disana,"katanya.

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Menara Pinisi ini diikuti 168 peserta yang terdiri dari para pimpinan dan pejabat universitas yang terkait dengan tema workshop.

Workshop yang dipandu oleh Kepala Humas UNM Drs, Jalaluddin Mulbar ini juga menghadirkan pemateri dari UNM, yakni Rektor UNM Prof Husain Syam dan Pembantu Rektor IV Prof Gufran Dharma Dirawan.

KKN merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Terdapat berbagai macam jalur KKN yang dapat dipilih oleh mahasiswa, salah satunya yaitu jalur KKN Internasional.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar