Unhas Buka Jurusan Magister Biokimia Pertama KTI

id unhas, magister biokimia

"Program magister ini kita harapkan menghasilkan lulusan di bidang advanced medicine...
Makassar (Antara Sulsel) - Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) menyatakan segera membuka program studi (Prodi) baru yakni jurusan Biokimia dan Biologi Molekuler program magister biomedik sekolah pascasarjana Unhas yang pertama di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Sekertaris prodi sekaligus Ketua Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Unhas, dr Marhaen Hardjo M Biomed PhD di Makassar, Senin, menyatakan tentang pentingnya program studi baru ini sehingga diharapkan menjadi pilihan bagi mahasiswa.

"Program magister ini kita harapkan menghasilkan lulusan di bidang advanced medicine, yang mempelajari growth factors, particle, gene dan stem cell," katanya.

Mengenai jadwal pembukaan porgram S2 jurusan Biokimia tersebut, dirinya berharap sudah bisa dilaksanakan pada Juli 2017.

Untuk program ini sendiri, lanjut dia, siap membuka empat sementer. Kehadiran program magister prodi biokimia dan bio molekul ini diharapkan menjadi jawaban atas kebutuhan para mahasiswa untuk lebih memperdalam ilmunya kedepan.

"Kita rencanakan pembukaan prodi baru ini pada Juli 2017. Kami juga berharap dukungan dan doa masyarakat agar rencana ini dapat berjalan dengan lancar,"ujarnya.

Lebih jauh, Guru Besar Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Amran Laga MS menyatakan jika banyak produk yang telah beredar di masyarakat Indonesia dan sudah dipatenkan negara lain termasuk Jepang.

"Banyak produk yang telah dipatenkan Jepang, ternyata menggunakan bahan baku yang banyak terdapat di Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa produk yang dipantenkan Jepang seperti "Anti Aging Agent" yang memanfaatkan sambiloto dan kamukus, "Hair Tonic" yang memanfaatkan Cabe Jawa, "Beautififying and Whitening Dermal Preparation for External Use" yang menggunakan gambir lumping.

Selain itu, lanjut dia, produk lain yang juga menggunakan produk sumber daya alam Indonesia yang digunakan produk asal negeri Sakura itu seperti "Anti Bacterial Agent" yang berasal dari bahan atau tanaman gondopuro, lengkuas, dan daun sukun.

Produk "Preparation of Soybean Jam" dari bahan tempe, dan "Production of Baked Confectioneries Containing Fermented Soybean Mixed dari tempe yang semua paten ini lengkap dengan nomor patennya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar