KPK Kukuhkan 60 Polwan SPAK Sulsel

id kpk, polwan, spak sulsel

"Perempuan harus menjadi pilar utama dalam pencegahan korupsi di lingkungannya. Gebrakan Polwan...
Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan mengukuhkan 60 Polisi Wanita (Polwan) jajaran Polda Sulsel ikut dalam gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Sulawesi Selatan sebagai bagian pencegahan korupsi di tubuh Polri.

"Perempuan harus menjadi pilar utama dalam pencegahan korupsi di lingkungannya. Gebrakan Polwan tentu berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya," papar Basaria saat mengukuhkan anggota SPAK Polwan Polda di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurut dia, perempuan mempunyai peran dalam keluarga misalnya melarang suaminya atau anak-anaknya berbuat curang atau melakukan sesuatu sebagai bibit timbulnya korupsi.

Tentunya cara-cara pendekatan kepada orang di rumah untuk senantiasa tidak mengambil barang yang bukan miliknya apalagi memiliki barang dari bukan haknya.

"KPK berharap gerbrakan adik-adik Polwan ini bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya, minimal dari keluarga terdekat dulu, lalu dijadikan contoh untuk meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat," papar Purnawirawan perwira Polri itu.

Selain itu pihaknya program SPAK merupakan program yang dinilai efektif mencegah perilaku korupsi. Dengan mengandeng polwan sebagai agen perubahan untuk tindak pidana korupsi di tubuh Polri.

"Berdasarkan data kependudukan dari 200 juta lebih penduduk Indonesia, 127 juta diantaranya perempuan. Bisa dibayangkan kalau mereka menyatakan diri anti korupsi, maka diyakini korupsi di Indonesia akan terkikis sampai habis," katanya.

Dirinya memberikan apresiasi terhadap program tersebut hingga Polwan ikut bergabung dan mengikuti pelatihan dari fasilitator SPAK sebagau bagian anti korupsi di Indonesia.

"Saya berharap tidak sampai disini saja, tetapi bisa ditularkan kepada Polwan-polwan lainnya di Sulsel untuk ikut pelatihan seperti ini, paling tidka mengajarkan lainnya setelah mendapatkan pelatihan," harapnya.

Diketahui SPAK merupakan organisasi gerakan antikorupsi bagi perempuan yang didekalarasikan sejumlah aktivis perempuan di Sulsel dalam memerangi perilaku korupsi di Indonesia

"Kami terus melakukan upaya untuk memberikan sosialisasi dan pencegahan korupsi yang dimulai dari hal-hal kecil minimal di lingkungan keluarga," tambah koordinator SPAK Sulsel Retno Kristanti.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar