Bupati Gowa Pantau Posko Bersama Cuaca Ekstrim

Pewarta : id gowa, posko bersama, cuaca ekstrem, adnan purichta ichsan

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)

Sungguminasa (Antara Sulsel) - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memantau kesiapan posko bersama penanggulangan dampak cuaca ekstrim di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kebersihan, Senin.

"Posko bersama dibentuk menghadapi cuaca ekstrim di Kabupaten Gowa, saya berharap posko siap siaga  menerima aduan masyarakat terkait cuaca ekstrim yang terjadi di Gowa beberapa hari terakhir," kata Adnan dihadapan pimpinan lima SKPD yang menerima kunjungan bupati termuda di KTI ini.

Posko bersama merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, guna menghadapi cuaca ekstrim yang diprediksikan oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan melanda beberapa daerah di Sulsel.

Kepala DLH Kabupaten Gowa H Lutfy Latief menjelaskan, posko bersama merupakan gabungan lima satuan kerja perangkat kerja (SKPD) yaitu Dinas Lingkungan Hidup, Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

"Jika sebelumnya masing-masinh SKPD ini posko di kantor masing-masing, maka mulai saat ini selain posko di kantor ada juga yang berposko di Kantor DLH sebagai posko bersama," Ujar Lutfi, yang juga penanggungjawab posko bersama.

Peralatan berat yang disiapkan di posko bersama diantaranya, backhoe loader, hydrolic crane (mobil pemangkas), mobil pemadam kebakaran, whell loader, excavator, serta dam truck.

Posko bersama mulai bertugas semenjak hari ini Senin (6/2) dan direncanakan berakhir hingga cuaca mulai stabil dan normal. Posko bersama membuka jalur pengaduan selama 24 jam baik pengaduan langsung maupun  lewat telpon di nomor 081394877557.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi cuaca ekstrim diperkirakan terjadj hingga (7/2) sedangkan cuaca labil diprediksi hingga (15/2).
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar