Kabupaten Mamuju Butuh Tambahan Tenaga Medis

Pewarta : id Tenaga medis, mamuju, dprd sulbar

Ilustrasi tenaga medis (ANTARA FOTO/R Rekotomo)

Mamuju (Antara Sulbar) - Keberadaan tenaga medis yang ada di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat saat ini dirasa kurang dan butuh penambahan untuk meningkatkan pelayanan medis kepada masyarakat setempat.

"Tenaga medis di Mamuju mesti ditambah agar pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat terlayani dengan baik," kata Sekertaris Komisi I DPRD Sulbar, Sukri Umar di Mamuju, Kamis.

Ia mengaku mendapatkan keluhan masyarakat karena masih kurangnya tenaga medis yang memberikan pelayanan kesehatan, sementara pelayanan kesehatan mesti ditingkatkan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia.

Berdasarkan data pemerintah di Kabupaten Mamuju yang berpenduduk 250 ribu jiwa hanya memiliki 35 dokter yang diantaranya adalah dokter umum dan dokter gigi, jumlah itu dianggap tidak maksimal melayani kesehatan masyarakat.

"Khususnya daerah pegunungan Mamuju yang kami kunjungi butuh ditingkatkan pelayanan medis dengan menambah jumlah tenaga medis, agar masyarakat yang masih kesulitan ekonomi ke kota dapat terlayani maksimal," katanya.

Ia juga meminta agar sarana dan prasarana kesehatan yang ada ditingkat puskesmas dan puskesmas pembantu disejumlah Kecamatan dan desa yang ada di Mamuju segera dibenahi.

"Banyak bangunan puskesmas yang sudah kami tinjau butuh dibenahi baik itu bangunannya maupun sarana peralatan medisnya karena kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan itu sangat berpengaruh pada tingkat pelayanan medis," katanya.

Ia berharap sektor kesehatan tetap mendapatkan perhatian utama dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar