Jumat, 20 Oktober 2017

Gowa Raih Penghargaan Penyusunan Perencanaan Pembangunannya Di Sulsel

id gowa, rkpd sulsel
Gowa Raih Penghargaan Penyusunan Perencanaan Pembangunannya Di Sulsel
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kiri) menyerahkan penghargaan RKPD terbaik kedua tingkat Sulsel tahun 2017 kepada Pemkab Gowa yang diterima Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Makassar, Senin (20/3). (FOTO/Humas Gowa)
"Banyak hal yang telah dicapai Pemprov Sulsel dan seluruh pemerintah kabupaten dan kota...
Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Gowa meraih penghargaan terbaik kedua dalam penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Makassar, Senin, usai memberikan penghargaan itu kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berharap semua kepala daerah lainnya juga seperti Makassar dan Gowa.

"Banyak hal yang telah dicapai Pemprov Sulsel dan seluruh pemerintah kabupaten dan kota, Sulsel telah meraih 207 penghargaan nasional dan ini tentu saja bukan hanya kerja pemerintah provinsi tetapi semua elemen masyarakat," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Sulsel, H Jufri Rahman pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 menyebutkan jika semua daerah dalam penyusunan RKPD sudah cukup bagus.

Hanya saja, kata dia, dalam penyusunan itu memang selalu ada yang terbaik pertama, kedua dan ketiga. Untuk yang terbaik pertama diraih kota Makassar, kemudian diikuti Kabupaten Gowa dan Tana Toraja di tempat ketiga.

Kemudian untuk peraih penghargaan terbaik kategori harapan pertama oleh Kabupaten Luwu, Soppeng dan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai harapan dua dan tiga.

Penyerahan penghargaan disaksikan langsung Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, Staf Ahli Bidang Pemerataan Pembangunan Bappenas RI, Taufik Hanafi, Wakil Gubernur Sulsel, H Agus Arifin Nu`mang bersama para bupati dan wali kota se-Sulsel.

Adapun tema dalam musrenbang itu yakni, "Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dalam Meningkatkan Daya Saing, serta Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan" ini merupakan akumulasi dari segala kegiatan untuk menata satu konsepsi yg utuh baik dalam RPJMD maupun APBD.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo dalam sambutannya mengatakan,Musrenbang ini penting karena mengingatkan area rawan korupsi dan rawan bencana harus jelas penganggarannya sesuai kebutuhan hidup orang banyak.

"Musrenbang sangat penting untuk menyeleraskan dan mensinergikan program strategis nasional di daerah dan skala prioritas tingkat kabupaten kota yang dilakukan oleh pemerintah bersama seluruh pelaku pembangunan dan dukungan semua elemen masyarakat yang kuncinya ada pada stabilitas politik dan stabilitas keamanan," terangnya.

Tjahjo juga mengapresiasi keberhasilan Pemprov Sulsel dibawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu`mang.

"Gubernur didukung segala perangkatnya dan fokusnya jelas, sehingga daya saing di Sulsel bisa tumbuh dengan baik dan semua pertumbuhan juga cukup baik. Para bupati dan wali kota diharapkan dapat membangun inovasi, sinergitas dan koneksifitas karena kemajuan kawasan timir Indonesia semua bergantung pada perkembangan pembangunan yang ada di Sulsel," tambahnya.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga