Menteri BUMN Ajak Stakeholder Kemaritiman Hadiri Konferensi IAPH

id menteri bumn, iaph, rini soemarno, bali

Konferensi ke-30 Asosiasi Pelabuhan Internasional (IAPH) di Nusa Dua Bali (www.iaphbali2017.com)

Jakarta (Antara Sulsel) - Menteri BUMN Rini Soemarno mengajak seluruh stakeholder kemaritiman untuk mengikuti acara Konferensi ke-30 Asosiasi Pelabuhan Internasional (IAPH)  yang akan dilaksanakan di Bali pada 7 - 12 Mei 2017 mendatang.

"Kementerian BUMN mengajak semua stakeholder kemaritiman dan BUMN untuk memanfaatkan event yang diinisiasi oleh PT Pelindo I, II, III dan IV (Persero) tersebut.," ujar Rini Soemarno di Jakarta, Minggu.

Konferensi ke-30 IAPH merupakan ajang penting yang mempertemukan pelaku Industri di seluruh dunia untuk membahas perkembangan Industri maritim, kepelabuhan, logistik, serta berbagai industri terkait lainnya.

Mengutip laman resmi www.iaphbali2017.com, acara ini menjadi ajang membahas berbagai kemajuan dalam industri maritim melalui konferensi yang mengusung enam tema besar terkait dengan Zona Ekonomi Ekslusif, Konektivitas Hinterland dan multimodal Logistik, Evolusi Industri pengiriman dan rute pengapalan, Jaringan Transport kelautan dan Inovasi Pelabuhan, Kolaborasi antar pelabuhan, dan salah satu sesi unggulan adalah Transformasi Maritim Indonesia.

Pelindo II yang ditunjuk sebagai ketua penyelenggara konferensi ini bersama sama dengan Pelindo I,III, dan IV, akan memanfaatkan ajang ini untuk menyampaikan rencana-rencana strategis dunia maritim Indonesia khususnya di bidang pengembangan pelabuhanan.

Dalam kesempatan itu para participant juga akan diajak untuk mengunjungi New Priok Terminal sebelum kemudian bertolak ke Bali. Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga terdapat pameran dari berbagai pelaku industri maritim internasional yang akan menampilkan  inovasi dan terobosan di dalam dunia maritim di dunia.  

"Kami dari Kementerian BUMN menyambut baik acara tersebut, untuk menggali berbagai potensi ekonomi di sektor maritim," ujar Rini.  

"Event ini penting guna mewujudkan nawa cita untuk Indonesia yang lebih baik," Imbuhnya.

Event yang dihadiri para pelaku usaha dalam bidang maritim, logistik, dan kelautan tersebut merupakan bagian upaya untuk menggaungkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Program yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo tersebut diwujudkan salah satunya dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah dalam konferensi IAPH yang ke-30 di Nusa Dua Bali.

Konferensi IAPH yang yang diselenggarakan oleh Pelindo I,II,III, dan IV tersebut merupakan sebuah wujud sinergitas yang baik antara BUMN dalam mewujudkan nawacita. Lebih lanjut Rini mengharapkan lebih banyak stakeholder (terutama BUMN) yang terlibat dalam perlehatan internasional ini.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar