LDII Dorong Pengembangan Toraja Berbasis Kearifan Lokal

id toraja, ldii, suyitno widodo, dialog kebangsaan

Makassar (Antara Sulsel) - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tana Toraja mendorong pengembangan ekonomi kabupaten ini dengan berbasis kearifan lokal.

"Pengembangan ekonomi daratan dan pegunungan Toraja harus diletakkan atas dasar kearifan lokal daerah, melalui pemanfaatan dan pelibatan sumber daya lokal yang diperkokoh dengan dukungan dari pemerintah," kata Wakil Ketua LDII Sulawesi Selatan Suyitno Widodo di Makassar, Rabu.

Sementara pembangunan ekonomi daratan dan pegunungan secara berkelanjutan, kata Widodo, hanya akan tercapai melalui integrasi dan harmonisasi antara pemanfaatan dan konservasi sumber daya alam.

Untuk memperoleh masukan dan membangun kesepahaman para stakeholder terhadap pentingnya pengembangan dan peningkatan pembangunan kabupaten Tana Toraja berbasis integritas dan harmonisasi berdasar kearifan lokal, LDII Kabupaten Tana Toraja akan menyelenggarakan silaturahim dan dialog kebangsaan.

Silaturahim dan dialog kebangsaan bertajuk "Mendorong Sinergi dan Harmonisasi dalam Kemajemukan NKRI di Bumi Lakipadada Tana Toraja" ini, kata dia, menurut rencana akan dilaksanakan di Makale, Tana Toraja, Kamis (11/5) besok.

Menurut Ketua LDII Tana Toraja Marjono, dialog ini bertujuan menghasilkan rekomendasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja mengenai pengembangan ekonomi di wilayah daratan dan pegunungan atas dasar kearifan lokal daerah.

"Selain itu, untuk menghasilkan rumusan dan konsep strategi pembangunan Kabupaten Tana Toraja dalam perspektif ideologi, ekonomi, sosial budaya, politik, dan pertahanan keamanan yang pada akhirnya menjadi bahan menata kebijakan dalam rangka memantapkan keutuhan NKRI dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan sosial," jelasnya.

Dijadwalkan menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan ini diantaranya Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, Ketua LDII Sulawesi Selatan Hidayat Nahwi Rasul, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Cpn Jimmy Sirait, Kapolres Tana Toraja AKBP Y Arief Satriyo, angota dewan pakar DPP LDII, Ketua FKUB Tana Toraja, dan Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi.

Sedangkan undangan diantaranya unsur Pemda Tana Toraja, akademisi, mahasiswa, warga LDII Tana Toraja, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar