Unhas Terima 2.171 Mahasiswa Jalur Mandiri

Pewarta : id unhas, mahasiswa baru, jalur mandiri

Makassar (Antara Sulsel) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, menerima 2.171 mahasiswa baru untuk jalur mandiri pada 2017.

Kepala Unit Humas dan Protokol Unhas, Ishaq Rahman di Makassar, Jumat, mengatakan sebanyak 2.071 mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri, yang terdiri dari 2.071 orang melalui Jalur Non Subsidi, dan 100 orang melalui Jalur Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK).

"Dengan demikian, terjadi penambahan dari kuota yang direncanakan, yaitu 1.557 mahasiswa baru," katanya.

Ia menjelaskan, penambahan sebanyak 514 mahasiswa baru ini, disebabkan karena dua faktor.

Pertama, dari calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2017, terdapat sebanyak 327 orang yang tidak melakukan pendaftaran ulang.

Untuk memenuhi kuota keseluruhan, panitia menambahkan kekurangan ini ke dalam jalur mandiri.

Kedua, berdasarkan asesmen terhadap penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Mandiri pada tahun-tahun sebelumnya, selalu terdapat sekitar 10 persen dari jumlah peserta yang dinyatakan lulus jalur mandiri tetapi tidak mendaftar ulang.

Untuk mengantisipasi hal yang sama, panitia memutuskan menambah jumlah peserta yang lulus.

Penambahan jumlah kelulusan Jalur Mandiri ini diharapkan dapat memenuhi kuota total penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin tahun 2017, yaitu sebesar 5.295 orang.

Selanjutnya, kata dia, bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui Jalur Mandiri diwajibkan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut yakni mengisi formulir pendaftaran ulang secara Online di http://unhas.ac.id/pmb tanggal 18-26 Juli 2017.

Jalur JNS membayar UKT Kelompok 5 dan Jalur POSK Memilih Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui laman http://unhas.ac.id/pmb/registrasi , Ketiga yakni mengikuti verifikasi UKT (Jalur POSK) sesuai jadwal masing-masing di laman http://unhas.ac.id/pmb/registrasi dengan membawa kelengkapan seperti pada lampiran 4.

Selain itu, melakukan pembayaran UKT di Bank BNI (semua cabang BNI) dengan membawa slip pembayaran UKT yang valid berdasarkan Poin 3 dan mencetak surat panggilan registrasi ulang melalui laman http://unhas.ac.id/pmb/registrasi setelah melakukan pembayaran UKT.

Selanjutnya mendaftarkan diri di Gedung Registrasi Unhas sesuai jadwal masing-masing calon di laman http://unhas.ac.id/pmb/ (terlampir di surat panggilan) dengan membawa kelengkapan seperti pada Lampiran-2 serta mengikuti pemeriksaan kesehatan saat mendaftar (poin 6), yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Universitas Hasanuddin.

Calon mahasiswa harus berpakaian rapi dan sopan (tidak mengenakan kaus oblong), baju putih, celana kain hitam untuk laki-laki, rok panjang hitam untuk wanita dan memakai sepatu.

Bagi calon mahasiswa baru yang tidak hadir tepat waktu atau tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan di atas, maka haknya sebagai mahasiswa baru Universitas Hasanuddin tahun akademik 2017/2018 dinyatakan gugur.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar