Demokrat Sulsel Resmi Buka Pendaftaran Pilkada Serentak

id demokrat sulsel, pilkada serentak

Makassar (Antara Sulsel) - Partai Demokrat Sulawesi Selatan akhirnya resmi membuka pendaftaran bagi Bakal Calon Kepala Daerah yang akan maju pada Pilkada Serentak 2018 di 11 Kabupaten Kota se- Sulsel.

"Semua diserahkan ke DPC kabupaten kota masing-masing untuk membuka pendaftaran mulai 17-24 Juli," kata Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni`matullah usai Rapat Koordinasi Teknis Deks Pilkada di Makassar, Sabtu.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memberikan ruang kepada pengurus di tingkat kabupaten kota untuk menjaring figur-figur yang layak sesuai dengan karakteristik daerah masing masing.

Selain itu dirinya menegaskan, untuk DPD Provisi tidak membuka pendaftaran Bakal Calon, karena ada mekanisme tersendiri nantinya sesuai arahan DPP pusat dan pertimbangan lainnya.

"Kalau nantinya DPC kabupaten kota misalnya mengajukan lima bakal calon, tentu mereka akan bersaing mendapatkan rekomendasi di Pilkada nanti. Kalau di DPD kita tidak buka pendaftaran untuk Pilkada Gubernur, tentu kita masih menunggu petunjuk dari pusat," beber dia.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini mengemukakan bagi seluruh bakal calon yang diusulkan DPC kabupaten kota, diharuskan mengikuti uji publik untuk mengetahui sejauh mana tingkat wawasan serta kesukaan kandidat di masyarakat.

"Uji publik ini dimaksudkan untuk mendengar saran dan masukan bagaimana kandidat itu dikenali dan disukai masyarakat. Inilah nantinya menjadi dasar pertimbangan demokrat untuk mengeluarkan rekomendasi," katanya.

Mengenai peluang kader dari internal partai, kata dia menambahkan, tetap dibuka seluas-luasnya sebab tentunya partai menginginkan kader maju dan ikut bertarung dalam pesta demokrasi di berbagi daerah Sulsel.

"Kami berharap kader ikut maju dan memang itu menjadi target demokrat serta menjadi prioritas, kalaupun ada dari ekstenal ingin mengendarai golkar dan hasil uji publik sangat baik akan dipertimbangkan," ujarnya.

Sebelumnya KPU telah mengumumkan Pilkada Serentak 2018 akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 dan diikuti 171 Kabupaten Kota dan Provisi di Indonesia. Untuk Sulsel ada 12 kabupaten kota termasuk Provinsi di gelar Pilkada Bupati dan Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Pilkada Gubernur Sulsel.

Sebelas Kabupaten Kota tersebut yakni, Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Sinjai, Bone, Wajo, Sidenreng Rappang (Sidrap), Pinrang, Enrekang, Luwu, Kota Makassar, Kota Pare-pare dan Pilkada Gubernur.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar