Australia Tawarkan Kerja Sama Ke Pemkab Mamuju

Pewarta : id konjen australia, pemkab mamuju, richard mathews

Mamuju (Antara Sulsel) - Konsul Jenderal (Konjen) Australia Richard Mathews bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat untuk menawarkan berbagai program kerja sama bagi daerah itu.

"Selain menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju kedatangan kami juga untuk mempromosikan berbagai program kerja sama," kata Richard Mathews, di Mamuju, Senin.

Ia menyatakan, banyak program yang potensial yang ditawarkan ke Pemkab Mamuju, diantaranya "Australia Award Scholarship".

"Program ini bisa diperuntuhkan bagi pegawai yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3. Karena ini merupakan beasiswa, pasti akan melalui proses seleksi dan syarat yang harus dipenuhi," terang Richard Mathews.

Selain menawarkan program beasiswa, Australia juga lanjut Richard Mathews, memiliki program yang dikhususkan bagi pegawai yang ingin mengembangkan potensi di bidang kepariwisataan.

"Kami juga memiliki kursus pariwisata berkelanjutan untuk pembangunan daerah," tutur Richard Mathews.

Sementara itu, Bupati Mamuju Habsi Wahid yang menerima kunjungan Konjen Australia itu, menyambut baik program yang dipromosikan tersebut.

Kabupaten Mamuju kata Habsi Wahid, merupakan daerah yang berkembang, khususnya dari segi pendidikan dan kepariwisataan sehingga diperlukan upaya kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkannya.

"Banyak potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Mamuju, salah satunya adalah Pulau Karampuang. Selain itu ada juga Tanjung Ngalo yang memiliki keunggulan pasir putih yang sementara dalam tahap perencanaan pengembangan," ucapnya.

"Sementara untuk pendidikan, Kabupaten Mamuju memiliki program andalan yakni Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang telah sukses mengembalikan lebih 3.000 anak yang telah putus Sekolah. Jadi, kami menyambut baik tawaran kerja sama oleh pihak Konjen Australia tersebut dalam upaya mengembangkan daerah ini," ujar Habsi Wahid.

Pertemuan dengan Konjen Australia tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju Suaib, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Artis Efendy, Asisten II Bidang Pembangunan Syamsul Suddin, Kepala DPM-PTSP Luthfi Muis, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Mulyadi, Sekretaris Bapepan Khatmah Ahmad dan beberapa ASN perwakilan OPD terkait di daerah itu.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar