Sabtu, 21 Oktober 2017

Garuda Siapkan Dua Pesawat Layani Embarkasi Hasanuddin

id haji, embarkasi hasanuddin, garuda
Garuda Siapkan Dua Pesawat Layani Embarkasi Hasanuddin
Vice President PT Garuda Indonesia, Tbk.Sukapua Region I Wayan Supatrayasa (tiga kanan) memantau pemberangkatan JCH di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (28/7). (ANTARA FOTO/Suriani Mappong)
Makassar (Antara Sulsel) - PT Garuda Indonesia Tbk menyiapkan dua pesawat untuk mengangkut 35 kelompok terbang (kloter) Embarkasi Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Tahun lalu hanya satu pesawat yang disiapkan untuk melayani 27 Kloter, namun kali ini ditambah satu lagi sehingga ada dua pesawat melayani jamaah calon haji (JCH)," kata Vice President PT Garuda Indonesia, Tbk. Sulawesi, Maluku dan Papua (Sukapua) Region I Wayan Supatrayasa disela-sela pemberangkatan JCH di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat.

Berdasarkan data Embarkasi Hasanuddin, Makassar diketahui, dari 35 Kloter pada musim haji 2017 total JCH dan petugas yang dijadwalkan diberangkat ke tanah suci mencapai 15.903 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.311 orang JCH asal Sulawesi Selatan, sementara tujuh provinsi lainnya bervariasi dari 2.000 lebih jamaah hingga JCH paling sedikit dari Papua Barat yakni 725 orang.

Menanggapi adanya penambahan delapan kloter pada musim haji 2017 dari jumlah 28 Kloter pada 2016, lanjut Wayan, pihaknya menyiapkan dua unit pesawat.

"Selain itu, kami juga menyiapkan pramugari lokal setiap pemberangkatan, sehingga memudahkan berkomunikasi dengan JCH, karena dapat memahami bahasa setempat," katanya.

Sementara itu, pemberangkatan 450 orang JCH asal Kota Makassar berjalan lancar dan sesuai jadwal yakni pukul 13.45 Wita. Rombongan tamu-tamu Allah SWT ini melalui jalur belakang bandara, sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di bandara.

Pada periode 2016, masih melalui jalur umum yakni simpang lima bandara, sehingga membutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit untuk sampai ke bandara.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga