Sabtu, 21 Oktober 2017

Produksi Ikan Di Mamuju 11 Ribu Ton Setahun

id produksi ikan, dkp mamuju
Produksi Ikan Di Mamuju 11 Ribu Ton Setahun
Ilustrasi-Pekerja memindahkan berbagai macam jenis ikan yang didatangkan dari kepulauan Pangkep di pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/6). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
Mamuju (Antara Sulbar) - Produksi ikan hasil tangkapan para nelayan di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mencapai 11 ribu ton per tahun.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju, Lukman Sanusi, Rabu menyatakan, produksi ikan tersebut belum termasuk hasil budidaya.

"Setiap tahun, produksi ikan yang dihasilkan nelayan mencapai 11 ribu ton per tahun dan itu belum termasuk produksi budidaya," kata Lukman Sanusi.

Produksi ikan budidaya di Kabupaten Mamuju lanjut Lukman Sanusi, juga cukup besar, yakni mencapai 2.000 ton per tahun.

"Jadi, jika dirata-ratakan, produksi ikan di Kabupaten Mamuju, setiap tahunnya mencapai sekitar 13. 000 ton dan itu sudah mencukupi kebutuhan ikan bagi masyarakat di daerah ini.

Ia menyatakan, konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Mamuju berkisar 40 kilogram per kapita/tahun.

"Jadi, jika dikalikan jumlah penduduk yang berkisar 454.547 jiwa, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Mamuju sebesar 6.000 ton per tahun. Sehingga terjadi surplus produksi ikan sekitar 40 persen dengan tingkat konsumsi masyarakat. Hasil produksi nelayan Mamuju tersebut juga disebar di beberapa kabupaten di Sulbar, termasuk ke luar provinsi," kata Lukman Sanusi.

Tingginya produksi ikan di Kabupaten Mamuju, menurut Lukman Sanusi, tidak terlepas dari perhatian pemerintah setempat dalam meningkatkan kualitas nelayan, baik dari sumber daya manusia (SDM) maupun penerapan teknologi alat tangkap.

Ia menyatakan, Pemerintah Kabupaten Mamuju telah memberikan bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan diantaranya, kapal, GPS, alat deteksi kedalaman, jarak dan arah.

Selain memberikan bantuan sarana dan prasarana, pemerintah kabupaten melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju juga terus meningkatkan SDM nelayan di daerah itu.

"Beberapa waktu lalu, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan kami menggelar pelatihan tentang budidaya rumput laut dan pengelolaan pemasaran hasil perikanan. Jadi, Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui DKP menyiapkan sarananya dan KKP yang menyiapkan pelatihnya," tutur Lukman Sanusi.

Selain peningkatan SDM dan pemberian sarana dan prasarana, Pemerintah Kabupaten Mamuju juga kata Lukman Sanusi, juga berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan membangun rumah gratis.

"Pemkab Mamuju saat ini tengah membangun 52 unit rumah yang diperuntukkan khusus bagi nelayan. Rumah dengan tipe 54 itu diberikan gratis kepada nelayan dan saat ini sudah ada 10 unit yang sudah selesai, sementara sisanya masih dalam proses pembangunan," kata Lukman Sanusi.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga