Wali Kota Klaim Makassar Surganya Wisata Bahari

id walikota makassar, f8, wisata bahari

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar (Antara Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengklaim jika kota Makassar adalah surganya wisata bahari di Indonesia dengan banyaknya gugusan pulau serta aneka ragam biota lautnya.

"Potensi wisata bahari Makassar menawarkan sejuta pesona. Makassar menjadi surga wisata bahari bagi mereka yang mencintai kehidupan pulau dan pesisir," ujar Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, Kota Makassar yang memiliki luas wilayah 175.77 kilometer persegi dengan luas perairan sekira 100 kilometer persegi itu membentang di sepanjang Selat Makassar dengan 11 pulaunya.

Belasan pulau-pulaunya yang lebih akrab disebut juga dengan gugusan Pulau Spermonde yang jika dilihat dari udara, bentuknya menyerupai "sperma".

Di antara 11 pulau di Makassar, 10 diantaranya adalah pulau berpenghuni, diantaranya Pulau Lae-lae, Samalona, Kodingareng, Barrang Lompo, Barrang Caddi, Bonetambung, Lumu-lumu, Langkai, dan Lanjukang.

Di akhir 2016 lalu, Pemkot Makassar resmi membentuk Kecamatan Kepulauan Sangkarrang agar masyarakat pulau tidak lagi menjadi warga yang terpinggirkan dari kebijakan pemerintah.

Sumber daya hayati yang dimiliki pulau - pulau di Makassar menjadi magnet bagi wisatawan. Potensi terumbu karang, hamparan pasir putih, air laut dengan warna hijau kebiruan, padang lamun, dan ikan herbivora menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Mereka dapat menikmatinya dengan berjalan di sepanjang bibir pantai, bersantai di hammock ditemani semilir angin, menyelam ataupun snorkling," katanya.

Berbagai even pariwisata juga dihelat pemerintah kota Makassar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Diantaranya, Makassar Eight Festival (F8) yang menjadi event water front city terbesar bukan hanya di tanah air juga mancanegara.

"Tahun ini kami menggelar selama lima hari dengan target 1 juta pengunjung, 100 kota dunia dari lima benua," papar Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar