Senin, 23 Oktober 2017

Gowa Raih Juara Harapan Lomba Desa

id Gowa, lomba desa, sulsel
Gowa Raih Juara Harapan Lomba Desa
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni (tengah) pada penyerahkan piala, piagam dan hadiah lomba desa dan kelurahan Tingkat Sulsel di Makassar, Senin (21/8). (FOTO/Humas Gowa)
Sungguminasa (Antara Sulsel) - Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio menerima penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo karena salah satu desa di daerahnya meraih juara harapan pada lomba tingkat desa seprovinsi itu.

"Untuk para kepala desa yang telah bekerja keras sampai salah satu desa kita keluar menjadi yang terbaik ketiga se-Sulsel, saya ucapkan terima kasih atas prestasinya," ujar Abd Rauf Malaganni di Gowa, Senin.

Desa Panakkukang, Kecamatan Pallangga, meraih prestasi sebagai desa terbaik harapan tiga bersama lima desa lainnya dengan menyisihkan desa lainnya di 19 kabupaten se-Sulsel.

Rauf mengungkapkan lomba desa merupakan evaluasi bagi kinerja pemerintahan desa dalam menyelenggarakan pemerintahan.

"Lomba desa memberi kita keuntungan untuk mengetahui kekurangan di lapangan serta sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai," kata mantan Asisten I Pemkab Gowa itu.

Ia juga menyebut perhatian pemerintah terhadap desa sangatlah besar. Sesuai nawacita membangun dari pinggiran menjadikan desa menjadi fokus perhatian dari tingkat pusat hingga kabupaten.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mustari Soba saat penyerahan piala itu menjelaskan, pemberian penghargaan didasarkan pada persyaratannya.

"Perlombaan diikuti oleh 19 kabupaten dan kota yang ada di Sulsel. 17 Desa dan enam kelurahan dinilai oleh tim sejak April hingga Juni 2017. Penilaian dilakukan dengan mengacu kepada data perkembangan dua tahun terakhir dan hasil klarifikasi lapangan yang dilakukan di desa dan kelurahan," katanya.

Kepala Desa (Kades) Pannakukang, Zulkifli DP usai menerima penghargaan dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan pencapaian ini kerja sama banyak pihak di desanya.

"Apa yang kami raih hari ini merupakan kerja keras dan kerja sama dari semua elemen yang ada di desa. Walaupun penilaian lomba desa telah berakhir namun semangat untuk membangun desa kami tidak akan berhenti samapi sini," katanya.

Selain lomba desa juga diselenggarkan pemilihan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan inovasi teknologi. Terpilih sebagai juara satu lomba desa tingkat provinsi Desa Batu Balerang Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Juara pertama lomba kelurahan Kelurahan Tanjung Merdeka Kecamatan Tamalate Makassar.

Kabupaten Sinjai yang menjadi perwakilan Provinsi Sulsel ditingkat nasional berhasil meraih juara satu nasional Regional III tahun 2017. Sekaligus menempatkan Gubernur Sulsel dianugrahi penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri atas keberhasilan melaksanakan pembinaan kepada desa dan kelurahan.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga