"Karnaval Tedong" Warnai Peringatan HUT Toraja Utara

Pewarta : id toraja, karnaval tedong

Karnaval Tedong mewarnai Hari Jadi ke-9 Kabupaten Toraja Utara di Lapangan Bhakti Rantepao, Sulsel, Rabu (30/8). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Rantepao (Antara Sulsel) - Pertunjukan Karnaval Tedong (kerbau) mewarnai Hari Jadi ke-9 Kabupaten Toraja Utara yang digelar di Lapangan Bhakti Rantepao, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu.

"Karnaval Tedong ini merupakan ide dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk mewarnai puncak peringatan HUT Kabupaten Tana Toraja," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Musaffar Syah di Rantepao, Rabu.

Agenda menarik ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik dalam perayaan hari jadi kedua kabupaten tersebut.

"Karnaval Tedong ini rencananya juga akan ditampilkan pada `Lovely December` tahun ini untuk meningkatkan kemeriahan dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan," ujarnya.

Pada Karnaval Tedong ini ditampilkan kerbau-kerbau unggulan dengan harga `selangit` mulai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Selain Karnaval Tedong, kata dia, perayaan HUT kabupaten tersebut semakin meriah dengan berbagai pertunjukan lain seperti tarian massal yang melibatkan para pelajar dan pertunjukan seni serta pameran kuliner tradisional.

Ia menjelaskan pada perayaan hari jadi Kabupaten Toraja Utara hari ini dihadiri pula Ketua Perindo yang juga juga pemilik perusahaan grup MMC Hary Tanoe dan Gubernur Kalimantan Utara Indriarto Lambri.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara hari ini seyogyanya akan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, namun berhalangan hadir, dan tetap diagendakan Mendagri akan hadir pada perayaan HUT Kabupaten Tana Toraja pada 31 Agustus 2017.
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar