Bapenda Sosialisasikan Kepatuhan Wajib Pajak

id Bapenda Makassar, Pemkot Makassar

Ilustrasi--Seorang wajib pajak menunggu giliaran untuk melaporkan SPT bulanan di KPP Pratama Jakarta Menteng Dua, Jakarta, Rabu (2/12). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan))

Makassar (Antara Sulsel) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar terus menggiatkan sosialisasi untuk meningkatkan kepatuhan bagi para wajib pajak demi mencapai targetnya.

"Sosialisasi akan terus kita lakukan untuk meningkatkan kepatuhan para wajib pajak. Toh, pajak ini juga akan digunakan untuk membangun kota," ujar Staf Ahli Pemerintah Kota Makassar, Azis Hasan di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, sosialisasi kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha perhotelan maupun rumah makan.

Azis juga mengakui, tingkat kepatuhan sejumlah wajib pajak dari para hotel-hotel dan restoran itu masih ada yang rendah dan terbukti adaja yang menunggak pajak.

"Sebagai kota metropolitan dengan potensi pajak yang besar, Pemerintah Kota Makassar berupaya mengoptimalkan pajak dan retribusi daerah untuk menopang penyelenggaraan pembangunan daerah," katanya.

Pajak hotel, lanjut Azis, merupakan salah satu sumber pajak daerah yang potensial bagi pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karenanya, kepatuhan pajak melalui sosialisasi perlu ditingkatkan.

"Jadi diharapkan melalui sosialisasi ini, dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh masyarakat agar senantiasa sadar dan taat pajak," ungkapnya.

Pada sosialisasi itu, Bapenda Makassar menghadirkan pihak Kejaksaan Negeri Kota Makassar untuk membantu pemerintah kota dalam meningkatkan kesadaran tersebut.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar