Garuda Diminta Buka Penerbangan Toraja-Selayar

Pewarta : id gubernur sulsel, garuda, toraja, kepulauan selayar

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kanan) menerima manajemen PT Garuda Indonesia perwakilan Makassar di Ruang Kerja Gubernur Sulsel, Selasa (12/9). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta maskapai Garuda Indonesia membuka rute penerbangan ke Toraja dan Kepulauan Selayar yang merupakan dua daerah destinasi andalan Sulsel.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Selasa, mengatakan rencana pembukaan rute baru Garuda Indonesia harus didukung dan didorong bahkan diberikan ruang yang lebih luas.

"Karena Garuda merupakan BUMN yang menjadi harkat dan martabat bangsa, maka harus didorong dan diberikan ruang, sekaligus ini untuk perbaikan ke depan. Semoga trayek atau rute baru dipercepat pembukaannya, yakni ke Bua (Luwu) Toraja dan Selayar," katanya.

Khusus keberadaan rute ke Selayar ataupun ke Toraja memang begitu penting bagi kedua daerah tersebut, apalagi daerah itu memang terus fokus dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

Dibukanya rute penerbangan ke dua daerah itu tentunya akan membuat wisatawan, baik lokal, domestik, hingga mancanegara akan lebih mudah menjangkau lokasi.

Kondisi itu tidak seperti saat ini yang masih membutuhkan perjalan begitu lama jika ingin menikmati destinasi dari daerah tersebut.

Untuk penerbangan ke Toraja memang sudah ada namun masih dengan kapasitas pesawat yang terbatas atau kecil.

Kondisi itu tentu berbeda jika maskapai Garuda Indonesia yang memang secara umum memiliki pesawat berukuruan besar.

Vice President (VP) Garuda Indonesia Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua, I Wayan Supatrayasa mengatakan pihaknya sengaja datang menemui Gubernur Sulsel SYL untuk melaporkan peningkatan layanan maskapai plat merah tersebut dan rencana terkait pembukaan rute baru yang akan menghubungkan penerbangan langsung kota Makassar dengan beberapa tempat di Sulsel

"Senang sekali mendapat dukungan besar dari gubernur untuk perbaikan Garuda. Kita juga minta masukan, kira-kira apa yang harus kami lakukan untuk konektivitas Ujung Pandang (Makassar) sebagai hub (penghubung) untuk Kawasan Timur Indonesia," kata I Wayan.

Terkait permintaan dari Gubernur Sulsel soal pembukaan rute ke Selayar dan Toraja, dirinya mengakui siap mengupayakan.

"Ada rencana rute ke Selayar dan untuk ke Toraja belum. Khusus Selayar, kami akan berkunjung kesana, (melihat kondisi di selayar). Kami juga rencana bertemu Bupati untuk membahas kemungkinan membuka rute ke Selayar," ujarnya.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar