Sejumlah Prodi Unhas Segera Terakreditasi Internasional

id prodi, unhas, dwia aries tina pulubuhu

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA (ANTARA FOTO/Suriani Mappong)

Makassar (Antara Sulsel) - Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA mengatakan, sejumlah program studi Universitas Hasanuddin segera kembali berstatus akreditasi internasional pada 2017.

Prof Dwia Aries Tina di Makassar, Selasa, mengatakan program studi yang siap menyusul beberapa prodi yang lebih dulu mendapatkan akreditasi seperti prodi kedokteran, prodi kesehatan masyarakat, program studi kelautan, prodi teknik sipil dan magister manajemen keuangan.

"Sementara program studi yang akan segera menyusul akreditasi internasional seperti prodi hubungan internasional, prodi geologi, dan prodi ilmu kelautan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga terus berkomitmen untuk melakukan hal yang sama pada 2017. Sementara untuk 2018, pihaknya menargetkan bisa meloloskan sebanyak 10 program studi baru untuk bisa mendapatkan status akreditasi internasional.

"Bukan hanya fokus untuk akreditasi internasional, kami juga mengelola kelas internasioal khususnya beberapa program studi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk kuliah guna memberikan kesempatan bersaing di pasar bebas," jelasnya.

Mengenai keberhasilan sejumah prodi meraih akreditasi internasional, dirinya mengaku tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi semua pihak, sivitas akademika dan para pemangku kepentingan.

"Apa yang kita capai ini tidak lepas dari dukungan dan partisipasi semua pihak sehingga ketiga prodi ini bisa lulus akreditasi internasional. Saya berterima kasih kepada mereka semua," ujar Dwia.

Universitas Hasanuddin, lanjut Rektor, akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Unhas, terlebih lagi di era globalisasi ini di mana persaingan semakin ketat karena harus berkompetisi secara global.

Sebelumnya, Ketua Tim Penyiapan AUN QA Unhas, Dr Ir Prastawa Budi, MSc menyatakan penetapan Prodi Teknik Sipil terakreditasi AUN QA dengan nilai 4,5. Sementara Prodi Kedokteran dengan nilai akreditasi 4,6 diperoleh beberapa waktu lalu.

"Untuk lolos AUN QA harus mencapai limit akreditasi 4 ke atas. Limit nilai yang dicapai dua prodi Unhas itu termasuk tinggi, karena ada prodi di universitas lain yang lolos AUN QA hanya mencapai nilai 4,1," jelasnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar