Dinas Targetkan 1.500 Peserta Karnaval "Fashion" Sulsel

id perindustrian sulsel, karnaval fashion

Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Perindustrian Sulawesi Selatan menargetkan 1.500 peserta Karnaval "Fashion on The Street 2017" dalam rangka menyambut HUT Ke-348 Sulsel pada 15 Oktober mendatang.

"Tahun lalu karnaval `fashion` ini diikuti oleh 1.300 peserta, tahun ini target kita lebih banyak lagi, 1. 500 peserta," kata Kepala Dinas Perindustrian Sulsel Achmadi Akil pada Peluncuran Karnaval "Fashion on The Street" 2017 di Makassar, Selasa (12/9) malam.

Para peserta, kata dia, berasal dari berbagai unsur, di antaranya pelajar SMA/SMK, mahasiswa, perwakilan kabupaten/kota, TNI dan kepolisian, organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel, BUMN, BUMD, Perbankan, PHRI, asosiasi, komunitas, kelompok-kelompok kreatif, dan masyarakat pemerhati busana.

"Selain itu, dua provinsi yang memiliki industri kreatif yang kuat, yakni Bali dan Solo juga akan ikut berpartisipasi," katanya.

Dia mengharapkan karnaval yang mengusung tema "Kolaborasi" itu, dapat merangsang perkembangan busana etnis Sulsel, khususnya kain sutra yang menjadi ciri khas daerah setempat.

"Kita berharap sutra Sulsel akan semakin dikenal, bukan hanya menjadi sarung saat memakai Baju Bodo (Pakaian adat Sulsel, red.) tetapi dapat menjadi bahan busana siap pakai," katanya.

Ketua Panitia HUT Ke-348 Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan karnaval menjadi inspirasi dan ruang eksplorasi bagi pelaku industri kreatif di bidang busana, termasuk bagi pelajar.

"Karnaval ini memberikan ruang eksplorasi dan ruang pamer bagi karya-karya mereka," ucap Irman yang juga Kepala Dinas Pendidikan Sulsel itu.

Karnaval yang mengambil lokasi di sepanjang Jalan Sudirman Makassar itu, katanya, telah menjadi agenda tahunan pada setiap perayaan HUT Sulsel.

Kriteria penilaian dalam karnaval itu, meliputi kostum, tata wajah, tata tari, dan keserasian tema. Pada puncak acara, akan diserahkan penghargaan bagi peserta dengan kostum terbaik dan penampilan terbaik.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar