Senin, 23 Oktober 2017

"Groundbreaking" Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

id gubernur sulsel, tol layang makassar
Syahrul Yasin Limpo (ANTARA FOTO/Nurhaya J Panga)
Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober 2017.

"Pada 12 Oktober, kita akan bangun tol layang di Makassar kayak di Cengkareng. Insya Allah bisa terlaksana sesuai rencana," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Selasa.

Proyek yang disebut "Pettarani Toll Road Makassar" itu memang diharapkan bisa segera dikerjakan. Sebab kondisi kemacetan akibat kapasitas kendaraan yang melintas di Jalan AP Pettarani Makassar pada setiap harinya memang begitu tinggi.

Untuk proyek ini jalan tol layang AP Pettarani ini rencananya dibangun sepanjang 4,3 km. Jalan ini tentunya akan terkoneksi dengan beberapa ruas utama di kota Daeng. "Insya Allah (kepastian groundbreaking) dapat terlaksana," ujarnya.

Terkait anggaran yang dibutuhkan, dirinya tentu berharap banyak ke APBN. Gubernur dua periode itu bahkan mengakui jika proyek jalan tol itu mesti dari APBN.

"Saya lagi berusaha dan mudah-mudahan bisa. Namun cuma di Sulsel itu memiliki prioritas untuk melakukan obligasi hingga Rp3 triliun. Jadi jika anggaran sebesar Rp1,3 tiliun, maka pemerintah pusat tentunya bisa dan punya kelayakan," jelasnya.

Sebelumnya, SYL mengaku sudah melakukan perhitungan dana terkait gagasan membangun tol layang yang bisa terwujud dengan komitmen seluruh pihak baik DPRD dan Pemerintah Kota Makassar.

"Kepercayaan negara terhadap Sulsel cukup tinggi. Kita bisa dibantu anggaran hingga Rp3 triliun," jelasnya.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga