Kamis, 19 Oktober 2017

SYL : ASN Merupakan Inti Negara Dalam Pelayanan

id Gubernur sulsel, asn
SYL : ASN Merupakan Inti Negara Dalam Pelayanan
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional bertema "Transformasi Manajemen dan Penguatan ASN sebagai Perekat NKRI" di Makassar, Kamis (28/9). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)
Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan aparatur sipil negara (ASN) memiliki peran inti sebuah negara khususnya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Sebuah negara bisa maju karena ada tiga hal. Salah satunya, hadir pemerintahan yang baik, berpihak pada rakyat dan tidak melayani diri sendiri, itu semua bisa hadir karena peranan ASN," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kamis.

"ASN merupakan kekuatan inti negara, ASN berperan dalam perubahan dan transformasi negara ke arah lebih baik," lanjutnya pada acara Seminar Nasional bertema "Transformasi Manajemen dan Penguatan ASN sebagai Perekat NKRI" di salah satu hotel di Makassar hari ini.

Ia menjelaskan, dua hal lainnya dari ASN yakni hadir ruang bagi para pelaku usaha dan taat kepada hukum dan peraturan. Semuanya itu demi menciptakan masyarakat sejahtera dan aman.

Dia juga menyebutkan seorang ASN dan pejabat selain memenuhi kebutuhan rakyat, harus mampu bekerja cepat dan dimana saja.

"Apalagi pejabat, kalau ada gubernur masih ada tongkrongan kerjanya, kalau masih ada jam kerjanya, ketinggalan itu, bukan ASN yang baik, apalagi bawahannya," tegasnya.

Seminar ini merupakan rangkaian acara Temu Ilmiah Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) Makassar Tahun 2017.

Adapun narasumber dalam diskusi panel ini diantaranya, Ketua Komisi ASN Sofian Effendi, Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jendral TNI Agus Surya Bakti, Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti, Staf Ahli Bidang Administrasi Negara PAN RB Hendro Wijaksono.

Termasuk Deputi Bidang Diklat LAN RI, Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Badrun, Sekertaris Daerah Gorontalo Ismail Madjid dan Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman bertindak sebagai moderator seminar.

Dalam seminar itu dibahas mengenai tantangan dan solusi, transformasi serta kebijakan aparatur sipil negara (ASN), pengembangan kompetensi ASN, lelang jabatan, transformasi ke teknologi digital dan dinamika ASN di daerah.

Ketua STIA LAN Makassar Amir Imbaruddin dalam sambutannya mengatakan seminar nasional ini diharapkan dapat menghasilkan pandangan yang sama antara aparatur sipil negara (ASN).

"Semoga dalam seminar ini dapat menghasilkan pandangan yang sama, ASN bertransformasi lebih baik dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," kata Amir.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga