Senin, 23 Oktober 2017

Bupati Gowa Masuk Sebagai Tokoh Pemimpin Nasional

id gowa, ketua umum knpi, adnan purichta ichsan, rifai darius
Bupati Gowa Masuk Sebagai Tokoh Pemimpin Nasional
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan memberi sambutan pada pelantikan DPD KNPI Gowa di Sungguminasa, Gowa, Jumat (29/9). (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)
Sungguminasa  (Antara Sulsel) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Muhammad Rifai Darus membocorkan perencanaan KNPI dalam menghadapi Pemilihan Umum 2019 dengan mempersiapkan 20 orang tokoh muda Indonesia dan Bupati Gowa adalah salah satunya.

"KNPI sekarang ini sedang mempersiapkan 20 orang tokoh muda Indonesia untuk disurvei dan akan diusulkan untuk mendampingi para calon presiden mendatang sebagai calon wakil presiden. Salah satu tokoh muda itu bupati Gowa," ujar Rifai Darus di Gowa, Jumat.

Ia mengatakan, dari 20 nama yang akan digodok itu, salah satunya dipastikan dari Kabupaten Gowa, yakni Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo.

"DPP KNPI sejak tahun lalu berdasarkan hasil pleno mengeluarkan keputusan yang bersifat taktis dengan melakukan program KNPI mencari pemimpin," kata Rifai menghadiri pelantikan DPD KNPI Gowa.

Menurut dia, DPP KNPI telah berkeliling ke seluruh Indonesia untuk melihat potensi tokoh muda yang bisa jadi pemimpin nasional dan di Sulawesi Selatan dirinya mendapati sosok itu pada Adnan Purichta.

Rifai mengaku jika Adnan Purichta adalah bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan segala pengalamannya di pentas politik membuatnya semakin matang.

"Saat ini kita memang sudah mengantongi 20 nama tokoh muda dari 35 nama sebelumnya yang masuk kategori calon pemimpin nasional dan pak bupati itu masuk terus namanya," ucapnya.

Pemilihan Adnan sebagai salah satu tokoh muda itu, kata dia, bukan tanpa alasan karena Adnan fokus pada program kesejahteraan masyarakat dengan menekan angka kemiskinan.

Bukan cuma itu, bupati juga disebut punya program yang bagus di bidang pendidikan dan kesehatan di mana semua program tersebut adalah program gratis.

Selain itu, ia menyatakan, pemilihan 20 tokoh muda itu melibatkan lembaga survei yakni LSI Denny JA untuk dilakukan survei dalam mengkerucutkan 20 nama menjadi 10 yang kemudian dikerucutkan lagi menjadi 5 nama.

"Tokoh muda itu akan kita tawarkan ke para calon presiden untuk digunakan oleh bangsa ini dan kita berharap para calon presiden bisa menggandeng nama-nama yang kita tawarkan sebagai wakil presiden," ucapnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang mendengar bocoran itu mengapresiasi dimasukkannya namanya dalam 20 tokoh muda yang memiliki potensi menjadi pemimpin nasional.

"Saya ini masih fokus melakukan perbaikan dan melanjutkan keberhasilan pemerintah periode sebelumnya di Gowa. Kalau ada yang seperti itu, tentu kita syukuri kalau dianggap sukses, tapi itu tentu hanya akan menjadi motivasi bagi saya," tegasnya.

Terkait pelantikan KNPI Gowa, ia berharap KNPI bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang ke depan membawa kesejahteraan kepada masyarakat dan pemuda diharap berkontribusi juga.

"Pemuda harus menjawab tantangan era globalisasi ini. Caranya dengan menerapkan 3 K, kemampuan, komitmen dan konsistensi," ucapnya.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga