Jumat, 20 Oktober 2017

Tol Asean Antar Syahrul Raih Doktor HC

id gubernur sulsel, tol asean, doktor honoris causa, unisza terengganu
Tol Asean Antar Syahrul Raih Doktor HC
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (tengah) saat menerima President Unisza Prof Dato Dr. Ahmad Zubaidi Bin A Latif di Makassar, Jumat (6/10). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)
Makassar (Antara Sulsel) - Konsepsi mengenai Tol ASEAN mengantarkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meraih gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universiti Sultan Zainal Abidin (Unisza), Terengganu, Malaysia.

"Saya pernah bicara, soal Tol ASEAN, bukan pendekatan fisik tetapi sebuah kebijakan bersama pada pendekatan kawasan," kata Gubernur Syahrul usai menerima President Unisza Prof Dato Dr. Ahmad Zubaidi Bin A Latif di Makassar, Jumat.

Tol ASEAN, kata Syahrul, adalah konsepsi terkait kebijakan, koordinasi kenegaraan, pengembangan Sumber Daya Manusia, dukungan modal yang harus tertata, dan kemitraan, termasuk dengan pengusaha.

"Itu saya sampaikan, pada saat saya bicara di Universitas Kebangsaan," imbuhnya.

Konsep tersebut, kata dia, bergulir hingga ia diminta untuk membicarakan hal tersebut lebih konkrit lagi pada pertemuan Asia Tenggara dan Cina di Singapura.

Sementara, President Unisza Prof Dato Dr Ahmad Zubaidi Bin A Latif mengatakan gagasan mantan bupati Gowa menjadi contoh bagi pemerintah lainnya, bukan hanya di Indonesia dan Malaysia tapi juga dunia.

"Salah satunya mengenai gagasan poros Asia di kawasan Asia Tenggara," kata dia.

Biasany, kata dia, gelar tersebut dianugerahkan bagi pemimpin-pemimpin yang telah menunjukkan ketauladanan bagi masyarakat, bukan hanya untuk Malaysia, dan Asia tapi seluruh dunia.

"Untuk Pak Syahrul kami berikan di bidang Pengurusan dan Kepemimpinan," imbuhnya.

Rencananya penganugerahan Doktor HC tersebut akan diberikan pada tanggal 21 Oktober mendatang di kampus Unisza. Sebelumnya, Syahrul juga telah menerima gelar Doktor HC dari Universiti Tun Husein Onn Malaysia (UTHM).

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga