Kamis, 19 Oktober 2017

Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Kunjungi Gowa

id gowa, kabupaten sehat, trisno subarkah
Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat Kunjungi Gowa
Ketua Tim Kabupaten Sehat Nasional Trisno Subarkah (kiri) memberi sambutan di Gowa, Selasa (10/10). (FOTO/Humas Gowa)
Sungguminasa (Antara Sulsel) - Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat mendatangi Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan melakukan serangkaian verifikasi dalam mewujudkan kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

"Hari ini kami datang ke sini, ke Kabupaten Gowa untuk melakukan verifikasi untuk mendorong dan mendukung kabupaten dan kota di Indonesia agar mewujudkan kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat," ujar KetuaTim Kabupaten Sehat Nasional, Trisno Subarkah di Gowa, Selasa.

Bersama tim pembina Provinsi Sulsel, yang mendampinginya bersama unsur pimpinan SKPD Gowa itu, ia menjelaskan jika kabupaten sehat perlu didorong dengan berbagai kegiatan berbasis masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah setempat.

Disebutkannya, verifikasi kabupaten sehat bukan untuk memilih juara atau pemenang, namun diharapkan adanya hubungan kemitraan yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun kabupaten yang sehat.

Ia menyatakan, untuk Kabupaten Gowa hasil penilaiannya sudah lolos ke tahap verifikasi penilain. Dari 26 provinsi, ada 173 kabupaten dan kota yang memasukkan dokumen dan yang lolos tahap verifikasi pertama ada 78 kabupaten/kota.

Sementara tahap kedua 70 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Gowa didalamnya, dan ada 25 kabupaten/kota sedang masuk pembinaan provinsi yang artinya belum bisa diikutkan dalam verifikasi Wiwerda.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, yang juga Ketua Forum Kabupaten Sehat, Priskha Paramita dalam sambutannya mengatakan, pencapaian kabupaten sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus.

Programnya itu untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya serta mengembangkan ekonomi masyarakat melalui potensi-potensi masyarakat yang ada.

"Hal inilah yang menjadi acuan sehingga pemerintah Kabupaten Gowa mengambil bagian dalam penyelenggaraan kabupaten sehat, karena sejalan dengan Visi pemerintah saat ini," jelasnya

Untuk tahun ini, lanjut wabup, pemerintah menambah dua tatanan penilaian lagi yaitu, Tatanan Ketahanan Pangan, dan Gizi Sehat serta Tatanan Tertib Lalulintas dan Pelayanan Transportasi yang sebelumnya pada tahun 2015 lalu hanya berorientasi pada tiga tatanan dan telah membuahkan hasil berupa penghargaan Swasti Saba Padapa dari Pemerintah Pusat.

Sebelumnya, tim verifikasi melakukan peninjauan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tinggimoncong dan Somba Opu, Trisno Subarkah menjelaskan bahwa tim pembina pusat ini akan bekerja maksimal untuk merampungkan verifikasi serta evaluasi.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga