Data BPS Acuan Pemkot Makassar Ambil Kebijakan

id bps makassar, data acuan, pemkot makassar

Badan Pusat Statistik (ANTARA FOTO)

Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar mengaku jika beberapa kebijakan dan keputusan yang diambilnya berpijak pada data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar.

"Jika ada daerah-daerah yang berhasil dalam membangun pemerintahan dan programnya, pasti itu ada sumbangsih dari BPS karena data-data resmi pasti jadi acuan, termasuk kami di Makassar ini selalu menjadi data BPS sebagai acuan," ujar Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Makassar, Baso Amiruddin di Makassar, Selasa.

Dalam kegiatan fokus grup diskusi (FGD) dan ekspose data statistik Makassar tahun 2017 oleh BPS Makassar, ia mengatakan, ketersediaan data statistik bagi pemerintah kota adalah suatu kebutuhan dan hal yang mutlak bagi Pemerintah Kota Makassar.

Di mana proses perencanaan daerah, data dan informasi statistik yang akurat dan lengkap menjadi dasar yang penting dalam melihat efektifitas sasaran dari kebijakan dan program yang akan dilakukan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"FGD yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas data daerah sekaligus memberikan data statistik dalam satu data untuk mendukung program-program pemerintah," katanya.

Baso menambahkan, peranan BPS Makassar dalam memberikan informasi data baik secara makro maupun mikro selalu dijadikan evaluasi untuk melihat besarnya capaian keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan masing masing SKPD dilingkup pemerintah kota Makassar.

"Proses inillah yang menjadikan peran BPS sangat penting karena ketersediaan data dan informasi statistik sangatlah dibutuhkan," ucapnya

Lebih jauh dia mengatakan, tersedianya data statistik yang lengkap serta akurat dan terbaru merupakan suatu keharusan, terutama dalam era di mana persaingan antarwilayah baik ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, maupun budaya, tentunya data statistik sebagai salah satu sumber daya yang tidak ternilai harganya.

"Untuk itu besar harapan kami agar BPS dapat terus membangun koordinasi dan integrasi serta sinergi dalam penyelenggaraan statistik dengan pemerintah kota Makassar," harapnya

Sementara itu, Kepala BPS Makassar Ari Prihandini menyatakan, selama ini kerja sama serta koordinasi yang telah terbina antara Pemerintah Kota Makassar dan BPS bisa tetap terjalin dengan baik.

"Dengan adanya forum diskusi akan membentuk forum data dalam mendukung keterpaduan pengelolaan data dan penguatan sistem satu data pembangunan daerah," terang kepala BPS Ari Handini.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar