Bupati Gowa Rakor SPAM Mamminasata Di Jakarta

id gowa, adnan purichta ichsan, rakor spam, mamminasata

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (kanan) saat mengikuti rakor perkembangan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mamminasata di Jakarta, Selasa (10/10). (FOTO/Humas Gowa)

Sungguminasa (Antara Sulsel) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan bertolak ke Jakarta menghadiri rapat koordinasi (rakor) perkembangan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata).

"Kami diundang oleh Kemenko Perekonomian untuk membahas sejumlah proyek nasional dan salah satunya yang dibahas itu mengenai proyek SPAM Mamminasata," ujar Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Rabu.

Ia mengatakan, proyek SPAM Mamminasata ini masuk dalam agenda proyek nasional dan melibatkan beberapa daerah di Sulawesi Selatan untuk memasok ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Adnan mengaku, pihaknya siap menyukseskan program strategis nasional itu, apalagi Kabupaten Gowa memang sejak lama telah menyuplai air bersih ke beberapa kabupaten dan kota tetangga seperti Makassar.

"Kami akan menjalankan semua program strategis nasional itu, apapun opsi yang diberikan kepada kami akan kami jalankan demi kemaslahatan semua masyarakat," katanya.

Diketahui, proyek SPAM regional tersebut akan mengalirkan air 1.000 liter per detik diambil dari air baku dari kawasan bendungan Bili-bili, Kabupaten Gowa.

"Air ini akan didistribusikan ke Makassar sebesar 600 liter per detik, Gowa 200 liter per detik, Maros 130 liter per detik, dan sisanya dialokasikan ke Takalar sebanyak 70 liter per detik," kata Legislator dari Fraksi PAN Irfan AB.

Ia melanjutkan, proyek pembangunan itu akan segera dimulai dan telah masuk dalam rencana strategis nasional. Dia berharap, dengan adanya IPA tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan ketersediaan air bersih.

Apalagi jumlah penduduk di kawasan Mamminasata ini terus bertambah per tahunnya mencapai lebih dari 300 ribu jiwa berdasarkan data yang diterimanya.

"Saat ini sudah mencapai angka lebih 1,9 juta jiwa untuk di kawasan Mamminasata ini. Semoga air Bili-bili ini mampu memenuhi kebutuhan air di Mamminasata," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar