Kamis, 19 Oktober 2017

Dinas Perkebunan Sulsel Bagikan Ratusan Ribu Bibit

id firdaus hasan, kepala dinas perkebunan sulsel, bagikan ratusan ribu bibit
Dinas Perkebunan Sulsel Bagikan Ratusan Ribu Bibit
Ilustrasi Bibit Tanaman (Antara News)
Hari ini kita bersama dengan harapan, menumbuhkan seribu kelompok yang ada dan saya akan cek ini semua apakah sampai atau tidak. Jangan ada dusta diantara kita,"
Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membagikan ratusan ribu bibit tanaman perkebunan andalan daerah ini secara gratis sebagai bagian dari Gerakan Seribu Kebaikan (G 1000 G).

"Kami melakukan pembagian bantuan berupa benih dan bibit kakao 360 ribu batang, cengkih 326 ribu, pala 114 ribu, lada 494 ribu, tebu untuk kebutuhan 107 hektare, kapas 6.510 kilogram, ternak kambing 150 ekor, dan 22.500 kilogram benih jagung," kata Kepala Dinas Perkebunan Sulsel Firdaus Hasan, pada pencanangan gerakan seribu kebaikan G1000G sebagai rangkaian HUT Ke-348 Sulsel dengan mengusung tema 'Kebun Produktif, Petani Sejahtera, Sulsel Jaya' di Makassar, Rabu.

Bantuan tersebut, kata dia, akan diberikan kepada 1.114 kelompok tani di sentra-sentra perkebunan di Sulsel.

"Pemberian dilakukan secara simbolis hari ini oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, dan penyalurannya akan dilakukan secara bertahap hingga Desember," jelasnya.

Pihaknya, lanjut dia, juga memberikan sarana alat dan mesin perkebunan 134 unit berupa traktor roda empat sebanyak 13 unit, traktor roda dua 16 unit, pompa air 83 unit, kultivator 11 unit, mesin rajang 11 unit, dan grab loader tebu tiga unit.

Selain itu juga diberikan bantuan sarana pupuk organik, pupuk NPK, pestisida dan obat-obatan untuk kegiatan rehabilitasi, perluasan dan intensifikasi tanaman rempah, alat mesin pasca panen berupa bantuan pulper dan huller, juga pengukur kadar air.

Gerakan ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, pameran eksebisi kopi spesial dan unggulan beberapa kabupaten, juga terkait rencana Sulsel juga menjadi tuan rumah hari kopi internasional tahun 2018 serta acara cupping kopi 1000 cups atau pembagian 1000 cangkir secara serentak di provinsi dan kabupaten.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyatakan G 1000 G bidang perkebunan ini sebagai bukti bahwa semua unit kerja Pemprov Sulsel bekerja dan memberikan kontribusi untuk masyarakat.

"Hari ini kita bersama dengan harapan, menumbuhkan seribu kelompok yang ada dan saya akan cek ini semua apakah sampai atau tidak. Jangan ada dusta diantara kita," ujarnya.

Lebih jauh, Syahrul berharap Dinas perkeebunan tidak kalah dengan dinas lain karena telah diberi alam yang luar biasa.

"Manfaatkan tanah yang bagus dan masyarakat yang baik dan pemerintah harus menjadi motor untuk memanfaatkan potensi tersebut," pesan gubernur.  

Editor: Amirullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga